Membagi Kertas Lipat Secara Adil
Sebuah kelas memiliki 100 lembar kertas lipat yang akan dibagikan kepada 14 anak. Untuk membagi kertas secara adil, kita perlu melakukan pembagian. (1) Kalimat matematikanya adalah: 100 ÷ 14 = ? (2) Hasil bagi akan ditulis pada nilai tempat satuan dan puluhan. Kita akan mendapatkan hasil bagi berupa bilangan bulat dan sisa. (3) Jika 3 ikat berisi 100 lembar diubah menjadi ikatan berisi 10 lembar, maka kita akan memiliki 30 ikatan berisi 10 lembar (3 ikat x 10 ikatan/ikat = 30 ikatan). (4) Membagi 30 ikatan berisi 10 lembar kepada 14 anak: 30 ÷ 14 = 2 sisa 2. Setiap anak mendapat 2 ikatan berisi 10 lembar. (5) Sisa 2 ikatan berisi 10 lembar diubah menjadi lembar satuan, menghasilkan 20 lembar kertas (2 ikatan x 10 lembar/ikatan = 20 lembar). (6) Membagi 20 lembar kertas satuan kepada 14 anak: 20 ÷ 14 = 1 sisa 6. Setiap anak mendapat 1 lembar kertas tambahan. (7) Total lembar kertas yang diperoleh setiap anak adalah 2 ikatan (20 lembar) + 1 lembar = 21 lembar. Jadi, setiap anak akan mendapatkan 21 lembar kertas lipat. Kesimpulan: Dengan langkah-langkah pembagian yang sistematis, kita dapat membagi kertas lipat secara adil kepada semua anak. Proses ini mengajarkan pentingnya pembagian dan sisa dalam kehidupan sehari-hari, serta bagaimana memecahkan masalah matematika dengan cara yang terstruktur dan logis. Memahami konsep sisa pembagian sangat penting untuk memastikan keadilan dalam pembagian.