Analisis Muatan Materi Pokok Pembelejaran dalam Kurikulum IPS Terkait Krisis Energi dan Energi Baru dan Terbaruka

4
(161 votes)

Krisis energi dan pengembangan energi baru dan terbarukan merupakan isu penting yang dihadapi oleh dunia saat ini. Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman yang mendalam tentang permasalahan ini kepada siswa. Dalam artikel ini, kita akan menganalisis muatan materi pokok pembelejaran dalam kurikulum IPS yang terkait dengan krisis energi dan energi baru dan terbarukan. Pertama-tama, kurikulum IPS mencakup pemahaman tentang sumber energi tradisional dan dampaknya terhadap lingkungan. Siswa diajarkan tentang bagaimana sumber energi seperti batu bara, minyak, dan gas alam berkontribusi terhadap perubahan iklim dan polusi udara. Selain itu, siswa juga belajar tentang pentingnya mengurangi ketergantungan pada sumber energi yang tidak dapat diperbarui ini. Kedua, kurikulum IPS juga menekankan pentingnya energi baru dan terbarukan. Siswa diajarkan tentang berbagai jenis energi terbarukan seperti tenaga surya, angin, dan hidro. Mereka belajar tentang bagaimana energi ini dapat menjadi alternatif yang lebih bersih dan berkelanjutan dibandingkan sumber energi tradisional. Selain itu, siswa juga diajarkan tentang teknologi dan inovasi yang terus berkembang dalam bidang energi terbarukan. Ketiga, kurikulum IPS mengajarkan siswa tentang kebijakan dan regulasi yang berkaitan dengan energi. Siswa belajar tentang peran pemerintah dalam mendorong pengembangan energi terbarukan dan mengurangi ketergantungan pada sumber energi yang merusak lingkungan. Mereka juga belajar tentang peran masyarakat dalam mendukung kebijakan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Keempat, kurikulum IPS juga mencakup pemahaman tentang dampak sosial dan ekonomi dari krisis energi dan pengembangan energi terbarukan. Siswa belajar tentang bagaimana krisis energi dapat mempengaruhi harga barang dan jasa, serta dampaknya terhadap perekonomian. Mereka juga belajar tentang manfaat ekonomi dari pengembangan energi terbarukan, seperti penciptaan lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dalam kesimpulannya, kurikulum IPS memberikan pemahaman yang komprehensif tentang krisis energi dan energi baru dan terbarukan. Dengan mempelajari muatan materi pokok dalam kurikulum IPS, siswa dapat memahami pentingnya mengurangi ketergantungan pada sumber energi yang merusak lingkungan dan mendukung pengembangan energi terbarukan. Pemahaman ini akan membantu siswa menjadi warga negara yang sadar lingkungan dan berkontribusi dalam upaya menjaga keberlanjutan planet kita.