Dampak Penerapan UbD terhadap Meningkatnya Motivasi Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematik

4
(241 votes)

Pendahuluan Penerapan UbD (Understand by Design) dalam pengajaran matematika memiliki dampak signifikan terhadap meningkatnya motivasi belajar siswa. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya belajar untuk menghafal rumus dan aturan, tetapi mereka belajar untuk memahami konsep matematika dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana penerapan UbD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika, khususnya dalam materi bilangan bulat. Penerapan UbD dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa UbD adalah pendekatan pengajaran yang menekankan pada pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Dalam pendekatan ini, siswa diberikan kesempatan untuk memahami konsep matematika melalui aktivitas yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, siswa dapat melihat nilai praktis dari apa yang mereka pelajari dan merasa lebih terhubung dengan materi tersebut. Salah satu dampak positif dari penerapan UbD adalah meningkatnya motivasi belajar siswa. Siswa yang melihat nilai praktis dari apa yang mereka pelajari cenderung lebih termotivasi untuk belajar dan mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Dalam konteks materi bilangan bulat, siswa dapat melihat bagaimana konsep bilangan bulat dapat diterapkan dalam berbagai situasi, seperti dalam perhitungan uang, pengukuran, atau pemecahan masalah sehari-hari. Selain itu, penerapan UbD juga memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Siswa yang belajar untuk memahami konsep matematika akan lebih mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang kompleks. Dalam konteks bilangan bulat, siswa dapat belajar untuk menerapkan konsep bilangan bulat dalam berbagai situasi, seperti dalam perhitungan uang, pengukuran, atau pemecahan masalah sehari-hari. Keterlibatan Siswa dalam Proses Belajar Penerapan UbD juga memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar. Siswa yang terlibat secara aktif dalam proses belajar cenderung lebih termotivasi untuk belajar dan mengaplikasikan pengetahuan mereka. Dalam konteks materi bilangan bulat, siswa dapat terlibat dalam kegiatan seperti diskusi kelompok, proyek kolaboratif, atau presentasi. Melalui kegiatan-kegiatan ini, siswa dapat berbagi pemikiran dan ide mereka, serta belajar dari teman sebaya mereka. Selain itu, penerapan UbD juga memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi. Siswa yang belajar untuk memahami konsep matematika akan lebih mampu mengkomunikasikan pemikiran dan ide mereka dengan jelas dan efektif. Dalam konteks bilangan bulat, siswa dapat belajar untuk mengkomunikasikan pemahaman mereka tentang konsep bilangan bulat melalui presentasi, diskusi kelompok, atau proyek kolaboratif. Kesimpulan Dalam kesimpulan, penerapan UbD dalam pengajaran matematika memiliki dampak signifikan terhadap meningkatnya motivasi belajar siswa. Dengan pendekatan ini, siswa dapat melihat nilai praktis dari apa yang mereka pelajari dan merasa lebih terhubung dengan materi tersebut. Penerapan UbD juga memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta terlibat secara aktif dalam proses belajar. Dalam konteks materi bilangan bulat, siswa dapat melihat bagaimana konsep bilangan bulat dapat diterapkan dalam berbagai situasi, serta mengembangkan keterampilan berkomunikasi.