Gaya Kepemimpinan Transformasional: Membangun Semangat dan Kinerja di SD Merpati **
Gaya kepemimpinan yang diterapkan Pak Yustono di SD Merpati dapat dikategorikan sebagai kepemimpinan transformasional. Hal ini terlihat dari beberapa aspek penting yang beliau perhatikan dalam memimpin stafnya. Pertama, Pak Yustono sangat memperhatikan pemahaman bawahan terhadap tujuan sekolah. Ini menunjukkan bahwa beliau tidak hanya memerintah, tetapi juga berusaha untuk melibatkan staf dalam visi dan misi sekolah. Dengan memahami tujuan bersama, staf akan lebih termotivasi dan terarah dalam menjalankan tugasnya. Kedua, Pak Yustono selalu memperhatikan semangat kerja stafnya. Beliau memahami bahwa semangat kerja yang tinggi akan berdampak positif pada kinerja. Dengan menciptakan suasana kerja yang positif dan memotivasi, Pak Yustono mendorong staf untuk memberikan yang terbaik. Ketiga, Pak Yustono memperhatikan kepandaian dan kemampuan staf dalam membuat keputusan. Beliau tidak hanya memberikan instruksi, tetapi juga mendorong staf untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan masalah. Hal ini menunjukkan bahwa Pak Yustono percaya pada kemampuan stafnya dan memberikan ruang bagi mereka untuk berkembang. Terakhir, Pak Yustono juga memperhatikan kekuatan fisik bawahannya. Ini menunjukkan bahwa beliau peduli dengan kesejahteraan stafnya dan memahami bahwa kesehatan fisik yang baik akan mendukung kinerja yang optimal. Kesimpulan:** Gaya kepemimpinan transformasional yang diterapkan Pak Yustono di SD Merpati menunjukkan bahwa beliau adalah pemimpin yang visioner, inspiratif, dan peduli terhadap stafnya. Dengan memperhatikan aspek-aspek penting seperti pemahaman tujuan, semangat kerja, kemampuan, dan kesejahteraan staf, Pak Yustono berhasil menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif. Hal ini tentu akan berdampak positif pada kinerja sekolah dan keberhasilan dalam mencapai tujuan bersama.