Tingkat Penguasaan TPACK Guru: Sebuah Gambaran Positif ##
Tabel Penguasaan TPACK pada 300 Guru | Level TPACK | Jumlah Guru | Persentase | |---|---|---| | Sangat Rendah | 2 | 0.7% | | Rendah | 3 | 1% | | Baik | 178 | 59.3% | | Sangat Baik | 117 | 39% | | Total | 300 | 100% | Analisis: Data yang diperoleh dari penelitian terhadap 300 guru menunjukkan hasil yang positif. Sebanyak 98.3% guru memiliki tingkat penguasaan TPACK yang baik hingga sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas guru telah memahami dan mampu mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Argumentasi: Hasil penelitian ini memberikan gambaran optimis tentang penguasaan TPACK di kalangan guru. Meskipun masih terdapat beberapa guru dengan tingkat penguasaan TPACK yang rendah, namun persentase yang sangat kecil menunjukkan bahwa upaya pengembangan profesional guru dalam bidang teknologi telah membuahkan hasil yang signifikan. Kesimpulan: Penguasaan TPACK yang baik di kalangan guru merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Data yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru di Indonesia telah menunjukkan komitmen yang tinggi dalam mengembangkan kompetensi teknologi mereka. Hal ini menjadi modal penting untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di masa depan. Wawasan: Data ini menjadi bukti nyata bahwa upaya pengembangan profesional guru dalam bidang teknologi telah membuahkan hasil yang positif. Namun, penting untuk terus mendorong dan mendukung guru dalam meningkatkan penguasaan TPACK mereka agar proses pembelajaran semakin efektif dan inovatif.