Landasan Teori Strategi Internalisasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Pendekatan Inovatif

4
(177 votes)

Pendahuluan Strategi internalisasi kurikulum merupakan pendekatan yang penting dalam pembelajaran matematika. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, strategi ini menjadi semakin relevan untuk menciptakan pendekatan inovatif dalam pembelajaran. Artikel ini akan membahas landasan teori strategi internalisasi kurikulum dalam pembelajaran matematika dan bagaimana pendekatan ini dapat diimplementasikan secara efektif. Landasan Teori Strategi internalisasi kurikulum berfokus pada proses internalisasi materi pelajaran oleh siswa. Hal ini dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami dan menginternalisasi materi pelajaran secara aktif. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, strategi ini menjadi semakin penting untuk menciptakan pendekatan inovatif dalam pembelajaran matematika. Salah satu landasan teori strategi internalisasi kurikulum adalah konsep konstruktivisme. Konstruktivisme menekankan pentingnya peran siswa dalam membangun pengetahuan mereka sendiri melalui interaksi dengan lingkungan sekitar. Dalam konteks matematika, siswa dapat membangun pengetahuan mereka melalui pengalaman praktis dan interaksi dengan materi matematika. Implementasi Strategi Internalisasi Kurikulum dalam Pembelajaran Matematika Strategi internalisasi kurikulum dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika dengan beberapa pendekatan. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah melalui proyek berbasis masalah. Dalam proyek berbasis masalah, siswa diberikan masalah matematika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan diharapkan untuk memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan konsep matematika yang telah dipelajari. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk memahami dan menginternalisasi materi matematika secara aktif. Selain itu, pendekatan ini juga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika karena siswa merasa terlibat dan relevan dengan materi yang dipelajari. Kesimpulan Strategi internalisasi kurikulum merupakan pendekatan yang penting dalam pembelajaran matematika. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, pendekatan ini menjadi semakin relevan untuk menciptakan pendekatan inovatif dalam pembelajaran. Dengan menerapkan strategi internalisasi kurikulum, siswa dapat memahami dan menginternalisasi materi matematika secara aktif, serta meningkatkan motivasi mereka dalam belajar matematika.