Pertanyaan
7. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan keislaman dan keindonesiaan Maksud dari pernyataan tersebut adalah __ a pondok pesantren adalah lembaga pendidikan asli Indonesia b pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam Indonesia C pondok pesantren adalah salah satu Tembaga pendidikan Islam Indonesia d. pondok pesantren adalah lembaga pendidikan bercorak Indonesia 8 Metode dakwah dengan memberikan contoh teladan adalah __ a pencontohan hal baik yang terwujud dalam bentuk tingkah laku b melalui cerita atau kisah -kisah yang menyentuh perasaan C. mengarahkan manusia kepada ide yang dikehendakinya d melalui kebiasaan yang dilakukan secara bertahap 9 Tujuan pembangunan pondok selain tempat tinggal santrijuga bertujuan untuk __ a. mempermudah memberikan pengajaran bagi santri karena berada dalam satu wilayah tinggal b tempat latihan bagi santri dalam rangka pengembang an keterampilannya C. lebih mudah mengontrol perilaku para siswanya d untuk lebih mudah merehabiliasi decoration
Solusi
Jawaban
7. **Jawaban yang paling tepat adalah (b) pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam Indonesia.**Meskipun pondok pesantren memiliki akar budaya Indonesia yang kuat (opsi a dan d menyinggung hal ini), inti dari pernyataan tersebut menekankan *kedua* aspek: Islam dan Indonesia. Opsi (c) kurang tepat karena "salah satu" menyiratkan adanya lembaga lain yang setara, sementara pondok pesantren memiliki karakteristik unik dalam sistem pendidikan Indonesia.8. **Jawaban yang paling tepat adalah (a) pencontohan hal baik yang terwujud dalam bentuk tingkah laku.**Metode dakwah dengan memberikan contoh teladan berfokus pada tindakan nyata dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Islam. Opsi lain kurang tepat karena tidak secara langsung menggambarkan esensi dari *pencontohan* sebagai metode dakwah.9. **Jawaban yang paling tepat adalah (a) mempermudah memberikan pengajaran bagi santri karena berada dalam satu wilayah tinggal.**Tujuan utama pembangunan pondok pesantren yang terintegrasi dengan tempat tinggal santri adalah untuk memudahkan proses belajar mengajar. Meskipun opsi lain mungkin merupakan manfaat tambahan, tujuan utamanya tetap pada kemudahan pengajaran dan pengelolaan pendidikan.