Pertanyaan
"Ibu Susi adalah seorang peneliti yang sedang melakukan penelitian tentang efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran di sekolah dasar . Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed methods)yang melibatkan survei terhadap 150 guru, wawancara mendalam dengan 15 kepala sekolah, serta observasi langsung di 10 kelas yang menggunakan teknologi secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana teknologi mempengaruhi interaksi antara guru dan siswa serta peningkatan hasil belajar siswa . Sebelum memulai pengumpulan data, Ibu Santi merancang instrumen penelitian seperti kuesioner,panduan wawancara, dan lembar observasi. la juga menetapkan jadwal pelaksanaan pengumpulan data dan meminta izin dari pihak sekolah untuk melakukan observasi dan wawancara. Berdasarkan studi kasus tersebut,jelaskan tahapan pengumpulan data yang sebaiknya dilakukan oleh Ibu Susi untuk mendapatkan
Solusi
Jawaban
**Penjelasan:**Pengumpulan data adalah tahap penting dalam penelitian yang mempengaruhi validitas dan reliabilitas hasil penelitian. Berdasarkan studi kasus Ibu Susi, berikut adalah tahapan pengumpulan data yang sebaiknya dilakukan:1. **Persiapan Instrumen:** - Pastikan semua instrumen penelitian seperti kuesioner, panduan wawancara, dan lembar observasi telah disusun dengan baik. - Periksa kembali pertanyaan yang akan diajukan untuk memastikan tidak ada bias dan pertanyaan mudah dipahami oleh responden.2. **Pelaksanaan Survei:** - Survei terhadap 150 guru dapat dilakukan melalui kuesioner online atau cetak. - Pastikan sampel guru yang diambil representatif terhadap populasi guru di sekolah-sekolah yang diteliti. - Lakukan pelatihan singkat bagi guru yang akan diwawancarai agar mereka memahami tujuan wawancara dan bagaimana menjawab pertanyaan.3. **Pelaksanaan Wawancara:** - Lakukan wawancara mendalam dengan 15 kepala sekolah untuk mendapatkan perspektif tentang implementasi teknologi dalam pembelajaran. - Wawancara harus direncanakan dengan baik, termasuk menetapkan tujuan wawancara, membuat daftar pertanyaan terbuka, dan mempersiapkan catatan atau perangkat perekaman jika diperlukan.4. **Observasi Langsung:** - Observasi di 10 kelas yang menggunakan teknologi secara aktif harus dilakukan secara sistematis. - Persiapkan panduan observasi yang mencakup aspek-aspek yang akan diamati, seperti interaksi guru-siswa, metode pengajaran, dan penggunaan perangkat teknologi. - Catat temuan secara rinci dan objektif, serta kumpulkan data tambahan jika diperlukan.5. **Pengumpulan Data Tambahan:** - Jika ada data yang kurang atau informasi yang tidak lengkap, lakukan pengumpulan data tambahan dengan metode yang sesuai. - Misalnya, lakukan wawancara tambahan dengan guru atau siswa yang relevan dengan topik penelitian.6. **Analisis Data:** - Setelah data terkumpul, analisis data dilakukan untuk mengidentifikasi pola dan tren. - Gunakan metode analisis statistik yang sesuai untuk menginterpretasikan hasil survei dan wawancara. - Buat laporan sementara yang merangkum temuan awal dan identifikasi area yang memerlukan perhatian lebih lanjut.7. **Verifikasi dan Validasi:** - Verifikasi data yang telah dikumpulkan dengan membandingkannya dengan sumber-sumber lain atau melalui diskusi dengan ahli. - Pastikan bahwa data yang diperoleh valid dan dapat dipercaya.8. **Pelaporan Hasil:** - Susun laporan penelitian yang mencakup tujuan penelitian, metodologi, temuan, dan rekomendasi. - Pastikan laporan disusun dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, serta didukung oleh data dan analisis yang mendalam.Dengan mengikuti tahapan-tahapan ini, Ibu Susi dapat mengumpulkan data yang akurat dan komprehensif untuk memastikan hasil penelitiannya valid dan dapat diandalkan.