Pertanyaan

5 KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA YANG MENARIK BAGI SISWA SD antara lain dapat dilakukan dengan (1) bermain pentas drama, (2) Bernyanyi bersama, (3) Membaca dan bercerita, (4) Bermain kata berantai,(5) Mengacak kata, dan (6) Mencari awalan kata. Pilih 2 model kegiatan pembelajaran dan aplikasikan dalam pembelajaran. pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dalam bentuk scenario

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.2 (264 Suara)
Taran elit ยท Tutor selama 8 tahun

Jawaban

**Untuk membuat pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, kita dapat mengaplikasikan dua model kegiatan pembelajaran ini dalam bentuk scenario:1. **Bermain pentas drama:** - **Scenario:** Guru menyediakan naskah drama pendek yang harus diperankan oleh siswa. Setiap siswa diberi peran tertentu dan diminta untuk mempelajari dialog serta emosi karakter mereka. Pementasan dilakukan di depan kelas, dan siswa mendapatkan poin berdasarkan penampilan mereka. 2. **Membaca dan bercerita:** - **Scenario:** Guru memilih cerita anak yang akan dibaca bersama kelas. Setelah cerita selesai, siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan diminta untuk menceritakan kembali cerita tersebut dengan tambahan imajinasi mereka sendiri. Kelompok yang paling kreatif dan koheren dalam menceritakan mendapatkan pujian dan hadiah kecil.Dengan menggunakan metode-metode ini, pembelajaran bahasa menjadi lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa, sehingga mereka lebih termotivasi untuk belajar.

Penjelasan

**Pembelajaran bahasa yang menarik bagi siswa SD dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan interaktif dan kreatif. Dari keenam kegiatan yang disebutkan, kita akan memilih dua model yang paling efektif dan aplikatif dalam konteks pembelajaran.- **Bermain pentas drama:** Kegiatan ini sangat efektif dalam mengembangkan kemampuan berbicara dan pemahaman konteks kalimat. Siswa dapat belajar kosakata baru dan struktur kalimat sambil beraksi dalam skenario tertentu. - **Membaca dan bercerita:** Kegiatan ini membantu meningkatkan keterampilan membaca dan mendengarkan. Siswa dapat membaca cerita dan kemudian menceritakannya kembali dengan kata-kata mereka sendiri, yang juga mengasah kemampuan ekspresi mereka.**2.