Pertanyaan
Lakukan langkah -langkah aktivitas berikut! 1. Bentuklah kelompok dengan jumlah anggota lima siswa! 2.Keberadaan konstitusi di sebuah negara Konstitusi menjadi pedoman yang mengatur jalannya pemerintahan pembatasan kekuasaan, dan menjamin hak asasi manusia agar pemerintah tidak bertindak sewenang -wenang. Pemerintah tidak bisa bertindak sewenang-wenang karena konstitusi membatasi kekuasaan. Apakah konstitusi yang berlaku di Indonesia? Sebagai hukum dasar yang tertulis , UUD 1945 mempunyai kedudukan tertinggi di antara peraturan lain . Konsekuens inya bentuk peraturan lain tidak boleh bertentangan dengan UUD 1945. Apakah Anda telah memahami dan menghayati apa sajakah yang tertuang di dalam UUD 1945? Carilah aturan yang termuat dalam UUD 1945 yang berhubungan dengan Anda misalnya tentang hak asasi manusia! Hubungkan dengan peristiwa pelanggaran HAM berupa di lingkungan sekolah! Carilah tentang realisasinya dalam kehidupan masyarakat, apakah sudah berjalan dengan baik atau belum!
Solusi
Jawaban
## Aktivitas Kelompok: Memahami UUD 1945 dan Hak Asasi Manusia**Langkah 1: Pembentukan Kelompok**Bentuklah kelompok yang terdiri dari lima siswa. Tentukan satu orang sebagai ketua kelompok yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan diskusi dan penyampaian hasil.**Langkah 2: Konstitusi Indonesia dan UUD 1945**Konstitusi yang berlaku di Indonesia adalah **Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945)**. UUD 1945 merupakan hukum dasar tertulis yang tertinggi di Indonesia. Semua peraturan perundang-undangan lainnya harus sesuai dan tidak bertentangan dengan UUD 1945.**Langkah 3: Pemahaman dan Penghayatan UUD 1945**Setelah membaca dan mendiskusikan isi UUD 1945, kelompok perlu membahas pemahaman dan penghayatan masing-masing anggota terhadap isi UUD 1945. Fokus pada poin-poin penting seperti:* **Sistem Pemerintahan:** Bagaimana UUD 1945 mengatur sistem pemerintahan Indonesia (presidensial, lembaga negara, dll.)?* **Hak Asasi Manusia (HAM):** Pasal-pasal mana yang menjamin HAM warga negara Indonesia?* **Kewajiban Warga Negara:** Apa saja kewajiban warga negara yang tercantum dalam UUD 1945?* **Kedaulatan Rakyat:** Bagaimana UUD 1945 menegaskan kedaulatan rakyat?**Langkah 4: Aturan UUD 1945 yang Berhubungan dengan Hak Asasi Manusia dan Pelanggarannya di Lingkungan Sekolah**Carilah pasal-pasal dalam UUD 1945 yang berkaitan dengan HAM, misalnya:* **Pasal 28A sampai 28J:** Pasal-pasal ini menjamin berbagai hak asasi manusia, seperti hak untuk hidup, hak untuk beragama, hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk tidak disiksa, dan lain sebagainya.Kemudian, diskusikan contoh pelanggaran HAM yang mungkin terjadi di lingkungan sekolah, misalnya:* **Perundungan (bullying):** Pelanggaran terhadap hak atas keamanan dan keselamatan diri.* **Diskriminasi:** Pelanggaran terhadap hak kesetaraan.* **Penyalahgunaan wewenang oleh guru atau staf sekolah:** Pelanggaran terhadap hak untuk diperlakukan adil.* **Kekerasan fisik atau verbal:** Pelanggaran terhadap hak atas kebebasan dari penyiksaan dan perlakuan tidak manusiawi.**Langkah 5: Realisasi HAM dalam Kehidupan Masyarakat**Setelah mengidentifikasi pelanggaran HAM di lingkungan sekolah, kelompok perlu menganalisis bagaimana realisasi HAM di masyarakat secara umum. Apakah implementasi HAM di Indonesia sudah berjalan dengan baik? Apa saja tantangan dan kendala yang dihadapi? Berikan contoh kasus nyata yang menunjukkan keberhasilan atau kegagalan dalam penegakan HAM di Indonesia.**Langkah 6: Presentasi**Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas. Presentasi harus mencakup:* Ringkasan pemahaman kelompok tentang UUD 1945.* Contoh pasal UUD 1945 yang berkaitan dengan HAM.* Contoh pelanggaran HAM di lingkungan sekolah dan analisisnya.* Analisis realisasi HAM di masyarakat Indonesia dan tantangannya.Dengan melakukan aktivitas ini, siswa diharapkan dapat lebih memahami isi UUD 1945, hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta pentingnya penegakan HAM di Indonesia.