Pertanyaan
Petunjuk d Silahkan masing-masing mahasiswa untuk membuat Rancangan Pembelaj Terpadu x Presentasi masing-masing disampaikan melalui Tuweb. & Setiap mahasiswa hanya diberi waktu 7 menit Nilai partisipasi diberikan secara individu setiap Perangkat Pembelajaran Terpadu meliputi : 1. Silabus 2. Jejaring Tema 3. RPP Kurikulum K-13 4. Format Penilaian
Solusi
Jawaban
****1. Silabus:**Silabus adalah kerangka waktu yang menentukan kapan dan di mana suatu kegiatan pembelajaran akan dilaksanakan. Untuk topik "Fisika" di kelas 10, silabus bisa dibagi menjadi beberapa minggu dengan fokus pada konsep-konsep dasar fisika seperti gerak, gaya, dan energi.**2. Jejaring Tema:**Jejaring tema adalah kumpulan tema atau konsep yang menjadi fokus pembelajaran. Untuk topik "Fisika", jejaring tema bisa mencakup:- Gerak dan kecepatan- Gaya dan hukum Newton- Energi dan pekerjaan- Gelombang dan suara**3. RPP Kurikulum K-13:**RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum K-13 harus sesuai dengan standar nasional yang telah ditetapkan. Untuk topik "Fisika", RPP bisa mencakup tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar. Misalnya:- **Tujuan Pembelajaran:** Siswa dapat memahami konsep dasar fisika dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.- **Materi Ajar:** Gerak lurus, gerak parabola, gaya dan massa, energi potensial dan kinetik.- **Metode Pembelajaran:** Pembelajaran langsung melalui penjelasan guru, diskusi kelompok, dan eksperimen laboratorium.- **Penilaian:** Tes tertulis, kuis, dan tugas laboratorium.- **Sumber Belajar:** Buku teks, video tutorial, dan eksperimen langsung.**4. Format Penilaian:**Format penilaian digunakan untuk mengukur pencapaian siswa terhadap tujuan pembelajaran. Untuk topik "Fisika", format penilaian bisa mencakup:- **Tes Tertulis:** Soal pilihan ganda dan isian singkat.- **Kuis:** Kuis mingguan untuk menguji pemahaman siswa.- **Tugas Laboratorium:** Eksperimen dan pengamatan langsung.- **Presentasi:** Siswa membuat presentasi tentang topik tertentu.**Kesimpulan:**Dengan menggunakan silabus, jejaring tema, RPP Kurikulum K-13, dan format penilaian, pembelajaran ter
Penjelasan
**Pembelajaran terpadu adalah pendekatan yang mengintegrasikan berbagai aspek pembelajaran untuk memberikan pengalaman yang lebih kaya dan bermakna bagi siswa. Dalam konteks ini, kita akan merancang pembelajaran terpadu untuk topik "Fisika" dengan mempertimbangkan silabus, jejaring tema, RPP Kurikulum K-13, dan format penilaian.**