Pertanyaan

1. Jelaskan perbedaan mendasar antara pembelajaran matematika secara tradisional dan konstruktivisme!Berikanlah contoh konkret bagaimana kedua pembelajaran ini diterapkan dalam konsep pecahan! (Skor 14)

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.4 (305 Suara)
Javin master ยท Tutor selama 5 tahun

Jawaban

**Pembelajaran tradisional cenderung bersifat pasif, di mana siswa menerima informasi dari guru. Sebaliknya, konstruktivisme bersifat aktif, memungkinkan siswa untuk membangun pemahaman mereka sendiri melalui pengalaman dan interaksi.**Contoh Pecahan:**- **Tradisional:** Guru menjelaskan definisi pecahan, cara menyederhanakan, dan menyelesaikan soal-soal. Siswa mendengarkan dan mencatat langkah-langkah yang dijelaskan.- **Konstruktivisme:** Siswa dilibatkan dalam kegiatan seperti memotong kue menjadi bagian-bagian tertentu atau membagi sejumlah barang di antara teman-teman. Mereka kemudian membahas pengalaman mereka dan mengaitkannya dengan konsep pecahan, dengan bimbingan guru.

Penjelasan

**Pembelajaran matematika secara tradisional dan konstruktivisme memiliki pendekatan yang berbeda dalam menyampaikan materi.**a. Pembelajaran Tradisional:**- Fokus pada transfer pengetahuan dari guru ke siswa.- Materi diajarkan secara langsung dan siswa diharapkan menerima dan mengulanginya.- Contoh: Dalam konsep pecahan, guru menjelaskan definisi, jenis-jenis pecahan, dan cara operasinya secara verbal dan tulisan. Siswa mendengarkan, mencatat, dan mengulangi penjelasan tersebut.**b. Konstruktivisme:**- Fokus pada pembangunan pengetahuan oleh siswa sendiri melalui pengalaman.- Siswa aktif membangun pemahaman mereka sendiri dengan bimbingan guru.- Contoh: Dalam konsep pecahan, siswa diminta untuk memahami pecahan melalui kegiatan praktis seperti memotong kue atau membagi barang. Guru kemudian membantu mereka menghubungkan pengalaman ini dengan konsep matematika.**2.