Pertanyaan
2. Lompat tinggi memiliki peraturan asas, berikut peraturan asas lompat tinggi adalah __ (Jawaban lebih dari satu) A. lompatan akan tetap dianggap sah meskipun peserta menyentuh palang atau tidak melompat B. menjatuhkan palang sewaktu melakukan lompatan atau menyentur kawasan mendarat C. peserta dianggap gagal melompat melintasi palang sebanyak dua kali berturut-turut D. seseorang peserta berhak lompatan (walaupun semua peserta lain gagal) sehingga dia tidak dapat menuruskannya lagi mengikut peraturan E. ketinggian lompatan tidak diukur secara menegak dari atas tanah hingga bagian tengah di sebelah atas padang 3. Tariklah garis antara macam-macam gaya lompat tinggi dan awalan yang tepat! square square square square square square 4. Tariklah garis antara sarana dan prasarana dan ukuran yang tepat! square square square square square square 5. Daerah tumpuan pada lompat tinggi harus datar dan tingkat kemiringannya adalah __ 6. Gaya guling sisi pada lompat tinggi disebut juga dengan __ 7. Jelaskan sarana dan prasarana dalam olahraga lompat tinggi! Jawab: __ 8. Jelaskan tentang sejarah olahraga lompat tinggi! Jawab: __ 19. Jelaskan peraturan yang berlaku dalam olahraga lompat tinggi! Jawab: __ 20. Bagaimana atlet lompat tinggi dinyatakan diskualifikasi dalam perlombaan? Jawab: __
Solusi
Jawaban
2. C3. A-3, B-2, C-14. A-2, B-1, C-35. 0 derajat6. Gaya straddle7. Sarana dan prasarana dalam olahraga lompat tinggi meliputi: daerah awalan, tempat pendaratan, tiang lompat, dan alat ukur ketinggian.8. Lompat tinggi telah ada sejak zaman kuno dan telah menjadi bagian dari berbagai peradaban. Di Yunani Kuno, lompat tinggi dianggap sebagai salah satu dari empat acara atletik utama.9. Peraturan yang berlaku dalam olahraga lompat tinggi meliputi: peraturan tentang ketinggian tiang lompat, peraturan tentang awalan, dan peraturan tentang pendaratan.10. Atlet lompat tinggi dinyatakan diskualifikasi jika mereka menyentuh tiang lompat, menjatuhkan tiang lompat, atau melakukan lompatan yang tidak sah.
Penjelasan
2. Peraturan asas lompat tinggi adalah peserta dianggap gagal melompat melintasi palang sebanyak dua kali berturut-turut.3. Gaya gunting (scissors) memerlukan awalan yang cepat dan menikung atau agak melingkar. Gaya memutar (fosbury flop) memerlukan pemain mengambil awalan dari tengah samping antara 3, 57, atau 9 langkah. Gaya guling (straddle) memerlukan pemain melakukan awalan dari samping.4. Daerah awalan memiliki ukuran 18 m, tempat pendaratan memiliki ukuran 3,98-4,02 m, dan tiang lompat memiliki ukuran 4x6 m.5. Daerah tumpuan pada lompat tinggi harus datar dan tingkat kemiringannya adalah 0 derajat.6. Gaya guling sisi pada lompat tinggi juga disebut dengan gaya straddle.7. Sarana dan prasarana dalam olahraga lompat tinggi meliputi: daerah awalan, tempat pendaratan, tiang lompat, dan alat ukur ketinggian.8. Lompat tinggi telah ada sejak zaman kuno dan telah menjadi bagian dari berbagai peradaban. Di Yunani Kuno, lompat tinggi dianggap sebagai salah satu dari empat acara atletik utama.9. Peraturan yang berlaku dalam olahraga lompat tinggi meliputi: peraturan tentang ketinggian tiang lompat, peraturan tentang awalan, dan peraturan tentang pendaratan.10. Atlet lompat tinggi dinyatakan diskualifikasi jika mereka menyentuh tiang lompat, menjatuhkan tiang lompat, atau melakukan lompatan yang tidak sah.