Pertanyaan
5 Bagaimana agar profil pelajar Pancasila dapat terbangun dengan konsisten? A Melalui kegiatan intrakurikuler kokurikuler ekstrakurikuler, dan budaya satuan pendidikan. B Melalui pelatihan berjenjang bagi pendidik di bawah bimbingan kepala sekolah dan guru senior. C Melalui jam pelajaran khusus mengenai profi pelajar Pancasila dalam struktur kurikulum. D Melalui dokumen regulasi tentang dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar Pancasila
Solusi
Jawaban
****A. Melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya satuan pendidikan.****B. Melalui pelatihan berjenjang bagi pendidik di bawah bimbingan kepala sekolah dan guru senior.****C. Melalui jam pelajaran khusus mengenai profil pelajar Pancasila dalam struktur kurikulum.****D. Melalui dokumen regulasi tentang dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar Pancasila.**Semua opsi (A, B, C, dan D) benar dalam konteks membangun profil pelajar Pancasila secara konsisten.
Penjelasan
****A. Melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya satuan pendidikan.**Profil pelajar Pancasila dapat terbangun secara konsisten melalui berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh aspek kehidupan sekolah. Kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai konteks. Selain itu, budaya satuan pendidikan juga memainkan peran penting dalam menanamkan nilai-nilai tersebut secara konsisten.**B. Melalui pelatihan berjenjang bagi pendidik di bawah bimbingan kepala sekolah dan guru senior.**Pelatihan berjenjang bagi pendidik sangat penting untuk memastikan bahwa para pendidik memiliki pemahaman yang mendalam tentang profil pelajar Pancasila dan mampu menerapkannya dalam pengajaran sehari-hari. Bimbingan dari kepala sekolah dan guru senior dapat membantu memastikan konsistensi dalam penerapan nilai-nilai Pancasila.**C. Melalui jam pelajaran khusus mengenai profil pelajar Pancasila dalam struktur kurikulum.**Jam pelajaran khusus mengenai profil pelajar Pancasila memungkinkan siswa untuk memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila secara lebih mendalam. Dengan memasukkan materi ini ke dalam struktur kurikulum, nilai-nilai Pancasila dapat diajarkan secara sistematis dan konsisten.**D. Melalui dokumen regulasi tentang dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar Pancasila.**Dokumen regulasi yang menjelaskan dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar Pancasila memberikan kerangka kerja yang jelas bagi pendidik dan siswa untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila. Dengan adanya dokumen ini, penerapan nilai-nilai Pancasila dapat dilakukan secara konsisten di seluruh satuan pendidikan.**2.