Pertanyaan

1. Bidang ilmu yang mempelajari tentang proses kerja komputer adalah __ A. Teknik Komputer C. Sistem Informasi B. Ilmu Komputer D. Ilmu Informasi 2. Dalam kegiatan ekstrakulikuler, murid berinteraksi dan belajar bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda dari teman sekelasya. Hal ini termasuk penguatan dari dimensi __ A. Mandiri C. Kreatif B. Bernalar Kritis D. Berkebinekaan global 3. Bagian laporan yang membuat pembaca memahami laporan yang dibuat disebut __ A. Cover C. Daftar Isi B. Kata Pengantar D. Pendahuluan 4. Salah satu cara membuat konten digital adalah hindari pembuatan konten yang tidak orisinil yag disebut A. Konten Orisinil C. Isi konten yang menarik B. Perspektif yang unik D. Melakukan riset konten 5. Perhatikan kelompok berikut! Kelompok 1 : Fungsi , Algoritma, Struktur data Kelompok 2 : Perangkat Hardware, Perangkat Software, Brainware Kelompok 3 : Aplikasi perkantoran, Pembuatan Laporan, Fitur aplikasi Kelompok 4 : Jaringan lokal Jaringan komputer, Jaringan internet Dari kelompok di atas yang termasuk pembahasan Berpikir Komputasional adalah __ A. Kelompok 1 C. Kelompok 3 B. Kelompok 2 D. Kelompok 4 6. Urutan langkah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis disebut __ A. Logika C. Logis B. Algoritma D. Logaritma 7. Yang bukan merupakan kelebihan dari stack adalah __ A. Mengontrol memori secara mandiri C. Memori stack sangat terbatas B. Otomatis membersihkan objek D. Megelola data dengan metode LIFO 8. Di bawah ini yang merupakan metode penting dalam implementasi stack yaitu __ A. Push up C. Pop B. FIFO D. Pop ice 9. Operasi yang digunakan untuk memeriksa tumpukan kosog atau tidak adalah __ A. Push C. Pop B. Peek D. isEmpty 10. Linked list dapat digunakan bahassa pemrograman seperti __ A. CSS C. HTML B. Phyton D. WWWs 11. Dalam bidang komputer sistem bilangan berbasis 10 yaitu 0 sampai 9 disebut __ A. Oktal C. Desimal B. Biner D. Heksadesimal

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.3 (255 Suara)
Swara master ยท Tutor selama 5 tahun

Jawaban

1. **Jawaban: B. Ilmu Komputer**Ilmu Komputer mempelajari teori, desain, dan aplikasi sistem komputasi dan perangkat lunak. Ini mencakup bagaimana komputer bekerja pada tingkat hardware dan software.2. **Jawaban: D. Berkebinekaan global**Berinteraksi dan bekerja sama dengan teman yang berbeda latar belakang dalam kegiatan ekstrakurikuler memperluas pemahaman dan apresiasi terhadap keberagaman budaya dan perspektif, yang merupakan inti dari berkebinekaan global.3. **Jawaban: D. Pendahuluan**Pendahuluan laporan menjelaskan tujuan, ruang lingkup, dan metodologi yang digunakan dalam pembuatan laporan, sehingga pembaca dapat memahami konteks dan isi laporan secara keseluruhan.4. **Jawaban: D. Melakukan riset konten**Melakukan riset konten memastikan orisinalitas dan menghindari plagiarisme. Riset membantu menemukan sudut pandang unik dan informasi yang akurat untuk konten digital.5. **Jawaban: A. Kelompok 1**Kelompok 1 (Fungsi, Algoritma, Struktur data) merupakan konsep inti dalam berpikir komputasional. Fungsi, algoritma, dan struktur data adalah alat dan teknik yang digunakan untuk memecahkan masalah secara komputasional.6. **Jawaban: B. Algoritma**Algoritma adalah urutan langkah-langkah yang terdefinisi dengan baik, sistematis, dan logis untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas.7. **Jawaban: C. Memori stack sangat terbatas**Stack memiliki keterbatasan ukuran memori. Kelebihan stack lainnya adalah manajemen memori otomatis, pembersihan objek otomatis, dan penggunaan metode LIFO (Last-In, First-Out).8. **Jawaban: C. Pop**`Pop` adalah operasi penting dalam implementasi stack yang digunakan untuk menghapus elemen teratas dari stack. `Push` adalah operasi untuk menambahkan elemen.9. **Jawaban: D. isEmpty**Operasi `isEmpty` digunakan untuk memeriksa apakah sebuah stack kosong atau tidak.10. **Jawaban: B. Phyton**Python adalah bahasa pemrograman yang mendukung implementasi linked list. CSS dan HTML adalah bahasa markup, bukan bahasa pemrograman. WWWs bukan bahasa pemrograman.11. **Jawaban: C. Desimal**Sistem bilangan desimal adalah sistem bilangan berbasis 10 yang menggunakan angka 0 sampai 9.