Pertanyaan
Asesmen Harian A. Pilihlah jawaban yang benar! 1. Perhatikan ilustrasi berikut! Susi mahasiswa tingkat akhir. la harus menulis sebuah penelitian untuk mem- peroleh gelar sarjananya. Susi memilih suatu topik yang menarik untuk dikaji, yaitu kehidupar salah satu aktivis mahasiswa angkatan 60 -an, Soe Hok Gie. Akan tetapi, di tengah -tengah penelitian ia menghadapi kebuntuan karena kekurangan sumber. Berdasarkan ilustrasi tersebut, Susi kurang memperhatikan syarat pemilihan topik, yaitu __ a. significance of topic b. interested of topic C. manageable topic d. important of topic e. obtainable data 2. Seorang peneliti akan memilih topik yang baru dan belum pernah diteliti orang lain Tindakan tersebut dilakukan peneliti dengan tujuan __ a. menarik minat pembaca b. merekonstruksi kisah sejarah C. memudahkan pengumpulan sumber d. memudahkan penyusunan kesimpulan e. memperlancar proses penelitian sejarah 3. Bagi sejarawan yang sedang melakukan rekonstruksi sejarah keberadaan sumber sejarah memiliki arti penting. Arti penting sumber sejarah bagi sejarawan adalah __ a. penguji kebenaran pendapat dari saksi sejarah b. pemberi informasi penting bagi peneliti sejarah C. penguat pernyataan yang dikemukakan peneliti sejarah d. pemandu utama dalam merekonstruksi peristiwa masa lalu e. penghasil fakta-fakta baru yang belum diketahui sebelumnya PRIPS Seiarah untuk SMA/MA Kelas 10A 4. Perhatikan beberapa sumber berikut! 1)Candi 2) Memoar 3) Fosil 4) Arca 5) Surat kabar Jenis sumber yang dikategorikan sebagai sumber benda ditunjukkan oleh angka __ a. 1), 2), dan 3) d. 2),4), dan 5) b. 1),3), dan 4) e. 3), 4), dan 5) C. 2),3), dan 4) 5. Menurut sejarawan para peneliti perlu meng- HOTS ilmu bantu seperti epigrafi, arkeologi, numismatik, filologi dan ikonografi untuk logi guji kredibilitas sumber benda. Dari pernyataan dapat disimpulkan bahwa __ a. sejarawan masih meragukan kredibilitas sumber benda untuk sejarah b. kedudukan sumber benda masih berada di bawah sumber lisan dan sumber tertulis C. sumber benda belum tentu memberikan informasi mengenai kebenaran secara pasti d. keberadaan sumber benda dalam penelitian sejarah harus didukung dengan ilmu bantu e. ilmu bantu dalam penelitian sejarah hanya dapat digunakan untuk menganalisis sumber benda 6. Sumber lisan merupakan informasi yang HOTS disampaikan secara lisan oleh pelaku sejarah. Sumber tersebut dianggap lebih unggul dibandingkan sumber sejarah lainnya karena __ a. dapat menghasilkan informasi yang relevan b. mampu menyajikan informa si secara lebih akurat C. mampu memprediksi peristiwa masa depan dengan tepat d. mampu menghindari kesalahan dalam penulisan sejarah e. dapat menyajikan kandungan emosional dari penutur sejarah
Solusi
Jawaban
1. **e. obtainable data** Susi menghadapi kebuntuan karena kekurangan sumber, menunjukkan bahwa ia tidak mempertimbangkan ketersediaan data saat memilih topik.2. **e. memperlancar proses penelitian sejarah** Memilih topik yang baru memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi area yang belum banyak diteliti, sehingga memperlancar proses penelitian.3. **d. pemandu utama dalam merekonstruksi peristiwa masa lalu** Sumber sejarah sangat penting bagi sejarawan untuk membangun kembali peristiwa masa lalu dengan akurat.4. **b. 1), 3), dan 4)** Candi, fosil, dan arca adalah contoh dari sumber benda.5. **d. keberadaan sumber benda dalam penelitian sejarah harus didukung dengan ilmu bantu** Ilmu bantu diperlukan untuk memverifikasi dan memahami sumber benda secara lebih mendalam.6. **e. dapat menyajikan kandungan emosional dari penutur sejarah** Sumber lisan menawarkan perspektif emosional yang tidak selalu tersedia dalam sumber tertulis.