Pentingnya Kegiatan Pendahuluan dalam Pembelajaran Terpadu
Kegiatan pendahuluan merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan suasana awal pembelajaran yang positif dan memungkinkan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Kegiatan pendahuluan juga merupakan bagian integral dari pembelajaran terpadu dan harus direncanakan serta dilaksanakan secara tematis, fleksibel, efektif, dan efisien. Dalam pembelajaran terpadu, waktu yang tersedia untuk kegiatan pendahuluan relatif singkat, berkisar antara 5-10 menit. Namun, dengan waktu yang singkat ini, guru diharapkan dapat menciptakan kondisi awal pembelajaran yang baik sehingga siswa siap mengikuti pelajaran dengan saksama. Sebagai contoh, ketika memulai pembelajaran, guru menyapa siswa dengan senyum dan bersemangat, mengecek kehadiran, dan menanyakan ketidakhadiran siswa apabila ada yang tidak hadir. Selanjutnya, guru membantu siswa menyiapkan sarana dan prasarana belajar yang diperlukan, seperti papan tulis yang bersih, media atau alat belajar, dan buku sumber. Kegiatan pendahuluan juga berfungsi untuk membangkitkan aktivitas siswa sebagai objek dan subjek pembelajaran. Dengan kegiatan pendahuluan yang baik, siswa akan lebih terlibat dan tertarik dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, kegiatan pendahuluan harus direncanakan dan dilaksanakan secara tematis, fleksibel, efektif, dan efisien. Kegiatan pendahuluan yang efektif akan menciptakan suasana awal pembelajaran yang positif dan memungkinkan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Dengan demikian, kegiatan pendahuluan menjadi kunci keberhasilan dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu.