Peningkatan Pemahaman Siswa kelas 9 SMP N20 Kupang pada materi persamaan kuadrat dengan menggunakan metode gasing

essays-star 4 (158 suara)

Pendahuluan: Pemahaman siswa dalam materi persamaan kuadrat merupakan hal yang penting dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 9 SMP N20 Kupang dalam materi persamaan kuadrat dengan menggunakan metode gasing. Metode gasing adalah salah satu metode yang dapat membantu siswa memahami konsep persamaan kuadrat dengan lebih baik. Bagian: Latar Belakang penelitian: Materi persamaan kuadrat merupakan salah satu materi yang seringkali sulit dipahami oleh siswa. Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan cara penyelesaian persamaan kuadrat. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode yang dapat membantu siswa dalam memahami materi ini dengan lebih baik. Metode gasing merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi persamaan kuadrat. Metode penelitian yang digunakan: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 9 SMP N20 Kupang yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan metode gasing, sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh dari pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji t-test untuk melihat perbedaan pemahaman siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian dan analisis data: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa kelas 9 SMP N20 Kupang setelah menggunakan metode gasing. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen memiliki pemahaman yang lebih baik dalam materi persamaan kuadrat dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa metode gasing efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam materi persamaan kuadrat. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode gasing efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas 9 SMP N20 Kupang dalam materi persamaan kuadrat. Metode ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika untuk membantu siswa memahami konsep persamaan kuadrat dengan lebih baik. Diharapkan metode ini dapat diterapkan secara luas dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi persamaan kuadrat.