Analisis Kesalahan Penggunaan 'So That' dan 'Such That' dalam Karya Tulis Siswa Kelas 12

essays-star 4 (326 suara)

Bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran yang penting dan sering menjadi tantangan bagi siswa, terutama dalam hal penulisan. Salah satu kesalahan yang sering terjadi dalam penulisan siswa adalah penggunaan 'So That' dan 'Such That'. Kedua frasa ini memiliki fungsi dan penggunaan yang berbeda, namun seringkali siswa salah dalam menggunakannya. Artikel ini akan membahas analisis kesalahan penggunaan 'So That' dan 'Such That' dalam karya tulis siswa kelas 12, serta memberikan solusi untuk menghindari kesalahan tersebut.

Apa perbedaan antara 'So That' dan 'Such That' dalam Bahasa Inggris?

Dalam Bahasa Inggris, 'So That' dan 'Such That' memiliki fungsi dan penggunaan yang berbeda. 'So That' biasanya digunakan untuk menunjukkan tujuan atau hasil dari suatu tindakan. Misalnya, "I study hard so that I can pass the exam," yang berarti "Saya belajar keras agar saya bisa lulus ujian." Sementara itu, 'Such That' digunakan untuk menunjukkan kondisi atau kualitas yang membuat sesuatu menjadi mungkin. Misalnya, "The noise was such that I couldn't hear my own thoughts," yang berarti "Kebisingannya sedemikian rupa sehingga saya tidak bisa mendengar pikiran saya sendiri."

Mengapa siswa kelas 12 sering salah menggunakan 'So That' dan 'Such That'?

Kesalahan dalam penggunaan 'So That' dan 'Such That' oleh siswa kelas 12 sering terjadi karena kurangnya pemahaman tentang konteks dan fungsi dari kedua frasa tersebut. Banyak siswa yang menganggap kedua frasa tersebut dapat digunakan secara bergantian tanpa mempertimbangkan konteks kalimat. Selain itu, kurangnya praktek dan penerapan dalam penulisan juga menjadi faktor penyebab kesalahan ini.

Bagaimana cara mengoreksi kesalahan penggunaan 'So That' dan 'Such That' dalam karya tulis siswa?

Untuk mengoreksi kesalahan penggunaan 'So That' dan 'Such That', guru dapat memberikan penjelasan yang jelas dan detail tentang fungsi dan penggunaan kedua frasa tersebut. Selain itu, siswa juga perlu diberikan banyak latihan penulisan yang melibatkan penggunaan 'So That' dan 'Such That' agar mereka dapat memahami dan menerapkannya dengan benar.

Apa dampak kesalahan penggunaan 'So That' dan 'Such That' pada karya tulis siswa?

Kesalahan penggunaan 'So That' dan 'Such That' dapat mempengaruhi kualitas karya tulis siswa. Kesalahan ini dapat menyebabkan makna kalimat menjadi tidak jelas atau salah, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi penilaian dan pemahaman pembaca terhadap karya tulis tersebut.

Apa solusi untuk menghindari kesalahan penggunaan 'So That' dan 'Such That' dalam karya tulis siswa?

Solusi untuk menghindari kesalahan penggunaan 'So That' dan 'Such That' adalah dengan memperbanyak latihan dan praktek penulisan. Selain itu, siswa juga perlu memahami konteks dan fungsi dari kedua frasa tersebut. Guru juga dapat memberikan feedback dan koreksi secara berkala untuk membantu siswa memperbaiki kesalahan mereka.

Kesalahan penggunaan 'So That' dan 'Such That' dalam karya tulis siswa kelas 12 adalah masalah yang sering terjadi dan perlu mendapatkan perhatian. Untuk mengatasi masalah ini, siswa perlu memahami fungsi dan penggunaan kedua frasa tersebut dengan benar. Selain itu, praktek dan latihan penulisan yang banyak juga sangat penting untuk membantu siswa menghindari kesalahan ini. Dengan demikian, kualitas karya tulis siswa dapat ditingkatkan dan mereka dapat menguasai Bahasa Inggris dengan lebih baik.