Media Display dan Realia: Kunci Sukses Mengajarkan Cinta Lingkungan di Kelas Bu Ratna **

essays-star 4 (305 suara)

Bu Ratna, guru Biologi di sebuah SD, telah menunjukkan dedikasi luar biasa dalam menanamkan nilai-nilai cinta lingkungan pada siswanya. Beliau memanfaatkan media display dan realia sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif. Fungsi Media Display: Media display, seperti poster siklus air, berperan penting dalam memvisualisasikan konsep-konsep abstrak menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa. Poster tersebut secara visual menunjukkan bagaimana air bergerak dalam siklusnya, sehingga siswa dapat memahami pentingnya menjaga kelestarian air. Selain itu, media display juga dapat digunakan untuk menampilkan gambar-gambar menarik tentang lingkungan, seperti keindahan alam, dampak buruk pencemaran, dan manfaat menanam pohon. Hal ini dapat memotivasi siswa untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan terdorong untuk melakukan aksi nyata. Fungsi Realia: Realia, seperti contoh sampah yang sudah didaur ulang, dapat memberikan pengalaman langsung bagi siswa. Dengan melihat dan menyentuh langsung hasil daur ulang, siswa dapat lebih memahami prosesnya dan terinspirasi untuk melakukan hal yang sama. Selain itu, realia seperti pohon kecil yang ditanam di sekitar sekolah dapat menjadi simbol nyata dari upaya pelestarian lingkungan. Siswa dapat terlibat langsung dalam merawat pohon tersebut, sehingga mereka merasa memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan. Kesimpulan:** Penggunaan media display dan realia dalam pembelajaran Bu Ratna menunjukkan bahwa pembelajaran tidak hanya berfokus pada teori, tetapi juga pada pengalaman langsung. Dengan memanfaatkan media yang tepat, Bu Ratna berhasil membuat pembelajaran Biologi lebih menarik, interaktif, dan bermakna bagi siswanya. Hal ini menunjukkan bahwa media display dan realia dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai cinta lingkungan dan mendorong siswa untuk menjadi agen perubahan yang positif.