Gaya Kepemimpinan Transformasional: Membangun Semangat dan Kemampuan di SD Merpati **

essays-star 4 (292 suara)

** Pak Yustono, Kepala Sekolah di SD Merpati, menunjukkan ciri-ciri gaya kepemimpinan transformasional dalam memimpin stafnya. Gaya kepemimpinan ini berfokus pada motivasi dan pengembangan bawahan, sejalan dengan perhatian Pak Yustono terhadap pemahaman staf terhadap tujuan sekolah, semangat kerja, kepandaian, dan kemampuan mereka dalam membuat keputusan. Kepemimpinan transformasional menekankan pada hubungan yang kuat antara pemimpin dan bawahan. Pak Yustono menunjukkan hal ini dengan memperhatikan kekuatan fisik stafnya. Hal ini menunjukkan bahwa ia tidak hanya memperhatikan aspek kognitif dan emosional stafnya, tetapi juga aspek fisik yang mendukung kinerja mereka. Gaya kepemimpinan transformasional bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi bawahan agar mencapai potensi maksimal mereka. Pak Yustono menunjukkan hal ini dengan memperhatikan kemampuan stafnya dalam membuat keputusan. Ia memberikan kepercayaan dan kesempatan bagi stafnya untuk berkembang dan bertanggung jawab atas pekerjaan mereka. Dengan menerapkan gaya kepemimpinan transformasional, Pak Yustono mampu membangun suasana kerja yang positif dan produktif di SD Merpati. Staf merasa dihargai, dipercaya, dan termotivasi untuk mencapai tujuan sekolah bersama. Hal ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional merupakan gaya kepemimpinan yang efektif dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan mendukung pencapaian tujuan organisasi.