Pertanyaan
(19,3758+19,3685)/(2)=19,37215 Nilai pendekatan sqrt (375,281) adalah 19,37215. Sebagai pemeriksaan ulang kuadratkan 19,37215 (19,37215)^2=375,2802 Nilai yang diperoleh hampir sama dengan 375,281. Selain dalam bentuk akar, contoh lain bilangan irasional adalah II. Bilangan II ini dapat diperoleh dari hasil pembagian panjang keliling suatu lingkaran dengan diameternya. Dalam keperluan sehari-hari untuk perhitungan -perhitungan tertentu, nilai pendekatan II yang dipilih, antara lain adalah (22)/(7),(3,14) atau (3,1416) Ingat bahwa nilai II sesungguhnya merupakan desimal yang tidak berakhir dan tidak berulang (secara teratur). Bilangan irasional yang lain adalah Bilangan e, yang nilai pendekatannya adalah 2,71828=2,72 Marilah dihitung [1+(1)/(x)]^x untuk berbagai nilai x. untu kx=2, [1+(1)/(x)]^x=[1+(1)/(2)]^2=1,5^2=2,25 ntukx=3, [1+(1)/(x)]^x=[1+(1)/(3)]^3=[(3)/(4)]^3=(64)/(27)approx 2,37 ukx=4, [1+(1)/(x)]^x=[1+(1)/(4)]^4=[(5)/(4)]^4=(626)/(256)approx 2,44 untuk kx=5, [1+(1)/(x)]^x=[1+(1)/(5)]^5=[(6)/(5)]^5=(7776)/(3125)approx 2,49 untuk x=10,[1+(1)/(x)]^x=[1+(1)/(10)]^10=[(11)/(10)]^10=(25937424601)/(1000000000)approx 2,59 Perhatikan bahwa untuk nilai-nilai x yang semakin besar, hasil yang diperoleh juga semakin besar, tetapi masih di dalam interval (selang) 2lt xlt 3 2,72 dan hal ini biasanya ditulis dengan: lim _(xarrow sim [1+(1)/(x)]^x)=e^xe^xapprox 2,72 Bilangan irasional yang lain dapat dikaitkan dengan logaritma. Ambil log2 misalkan x=log2 x=log2rightarrow 10^x=2 x=(1)/(2)arrow 10^x=10^(1)/(2)=sqrt (10)approx 3,16 x=(1)/(3)arrow 10^x=10^(1)/(3)=sqrt [3](10)approx 2,15 x=(1)/(4)arrow 10^x=10^(1)/(4)=sqrt [4](10)approx 1,77 Dari hitungan di atas tampak bahwa (1)/(4)lt xlt (1)/(3) atau 0,25lt xlt 0,33
Jawaban
Pertanyaan Panas lebih
Jika f(x)=2-x,g(x)=x+1 dan h(x)=3x maka nilai (hcirc gcirc f)(x)=ldots . 9-x 3x+6 9-3x 6-3x :x+9 Diketahui fungsi f(x)=2x+3 dan g x (x)=3x-12 . Fungsi
Diketahui f:Rarrow R dirumuuskan oleh f(x)=(x+2)/(x-3),xneq 3 Hasil dari f^-1(x) adalah __
a dan b adalah kontanta dalam persamaan ax^3-6x^2+2ax-3b=0 Jika jumlah akar- akarnya 3 dan hasil kali akar - akanya 6. maka nilai a+b adalah __
3. Periksalah kekontinuan dari fungsi berikut: f(x)= ) 9-3x,&xlt 2 2&,&x=2 2x-1&,xgt 2
SOAL NO . 4 Nilai suku banyak x^5-x^3+7x+12 untuk x=-2 adalah __ A. -26 C. 22 E. 66 B. -22 D. 26 A B C D E
Modus dari data skor tersebut adalah ... __ (pembulatan satu desimal) A. 61,3 D. 65,6 B. 62,8 E. 66,2 C. 64,1 a. Perhatikan tabel berikut. Kelas Freku
8. - (y^-3cdot y^4)/(y^8)= __
( ( Soal ))/(20^circ) mathrm(e)=(10)/(12)( )^circ mathrm(R) 20^circ mathrm(e)=(12)/(10)( )^circ mathrm(F) 20^circ mathrm(e)=ldots( )^circ mathrm(K) 30
Variabel acak Z b erdistribusi Normal standar . Tentukan k sedemikian hingga a P(klt Zlt -0.5)=0.3197 b P(0.1lt Zlt k)=0.5213
Diketahui fungs: f(x)=-3 x-5 [ f(x)=x^2-2 x+1 ] tentukan Rightarrow a (f circ g)(x) [ ( b. )(g circ f)(x) ]
3. Gambarlah Kubus ABCD EFGH dengani panjang sisi 6 cm .Tentukan jarak antara titik E dengan bidang AFH
3. Tuliskan bilangan-bilangan berikut ini dalam bentuk baku! a. 0,00000056 b. 120.000 .000.000 Jawab: ...................
1. Bentuk segerhana ((x^2 y^-1)/(x^-1) y^(2))^2
2. Fungsi y=9x^2-12x+6 adalah hasil transformasi dilatasi sejajar sumbux dengan skala k dari fungsi y=x^2-4x+6 Tentukan skala k.
Perhatikan himpunan pasangan terurut berikut (1,2),(2,2),(3,2),(4,2) (ii) (1,4),(1,6),(3,5),(4,7) (iii) (1,4),(2,5),(3,6),(4,7) (iv) (p,5),(q,6),