Pertanyaan
Pertama-tama, sederhanakan masing-masing bilangan berikut ke dalam bentuk x+iy atau ke bentuk re. Kemudian , gambarkan bilangan tersebut dalam bidang kompleks. 1. (1)/(1+i) (1)/(i-1) 3. i^4
Jawaban
1. $\frac {1}{1+i}$
Untuk menyederhanakan bilangan ini, kita akan mengalikan pembilang dan penyebut dengan konjugat dari penyebut, yaitu $(1-i)$:
\[
\frac {1}{1+i} \times \frac {1-i}{1-i} = \frac {1-i}{(1+i)(1-i)}
\]
Penyebutnya adalah:
\[
(1+i)(1-i) = 1 - i + i - i^2 = 1 - (-1) = 2
\]
Jadi, kita mendapatkan:
\[
\frac {1-i}{2} = \frac {1}{2} - \frac {i}{2} = 0.5 - 0.5i
\]
Jadi, bilangan tersebut dalam bentuk $x+iy$ adalah $0.5 - 0.5i$.
2. $\frac {1}{i-1}$
Kita akan menggunakan pendekatan yang sama dengan mengalikan pembilang dan penyebut dengan konjugat dari penyebut, yaitu $(-i-1)$:
\[
\frac {1}{i-1} \times \frac {-i-1}{-i-1} = \frac {-i-1}{(i-1)(-i-1)}
\]
Penyebutnya adalah:
\[
(i-1)(-i-1) = -i + 1 + i + 1 = 2
\]
Jadi, kita mendapatkan:
\[
\frac {-i-1}{2} = -\frac {1}{2} - \frac {i}{2} = -0.5 - 0.5i
\]
Jadi, bilangan tersebut dalam bentuk $x+iy$ adalah $-0.5 - 0.5i$.
3. $i^{4}$
Kita tahu bahwa $i$ adalah unit imajiner dengan sifat $i^2 = -1$. Maka:
\[
i^4 = (i^2)^2 = (-1)^2 = 1
\]
Jadi, bilangan tersebut dalam bentuk re adalah $1$.
Gambarkan bilangan tersebut dalam bidang kompleks:
1. $0.5 - 0.5i$: Titik ini berada di kuadran keempat, dengan jarak setengah satuan dari titik asal (0,0).
2. $-0.5 - 0.5i$: Titik ini berada di kuadran ketiga, dengan jarak setengah satuan dari titik asal (0,0).
3. $1$: Titik ini berada di sumbu real positif, satu satuan ke kanan dari titik asal (0,0).
Dengan demikian, kita telah menyederhanakan dan menggambarkan setiap bilangan kompleks sesuai dengan instruksi.
Pertanyaan Panas lebih
Jika f(x)=2-x,g(x)=x+1 dan h(x)=3x maka nilai (hcirc gcirc f)(x)=ldots . 9-x 3x+6 9-3x 6-3x :x+9 Diketahui fungsi f(x)=2x+3 dan g x (x)=3x-12 . Fungsi
Diketahui f:Rarrow R dirumuuskan oleh f(x)=(x+2)/(x-3),xneq 3 Hasil dari f^-1(x) adalah __
a dan b adalah kontanta dalam persamaan ax^3-6x^2+2ax-3b=0 Jika jumlah akar- akarnya 3 dan hasil kali akar - akanya 6. maka nilai a+b adalah __
3. Periksalah kekontinuan dari fungsi berikut: f(x)= ) 9-3x,&xlt 2 2&,&x=2 2x-1&,xgt 2
SOAL NO . 4 Nilai suku banyak x^5-x^3+7x+12 untuk x=-2 adalah __ A. -26 C. 22 E. 66 B. -22 D. 26 A B C D E
Modus dari data skor tersebut adalah ... __ (pembulatan satu desimal) A. 61,3 D. 65,6 B. 62,8 E. 66,2 C. 64,1 a. Perhatikan tabel berikut. Kelas Freku
8. - (y^-3cdot y^4)/(y^8)= __
( ( Soal ))/(20^circ) mathrm(e)=(10)/(12)( )^circ mathrm(R) 20^circ mathrm(e)=(12)/(10)( )^circ mathrm(F) 20^circ mathrm(e)=ldots( )^circ mathrm(K) 30
Variabel acak Z b erdistribusi Normal standar . Tentukan k sedemikian hingga a P(klt Zlt -0.5)=0.3197 b P(0.1lt Zlt k)=0.5213
Diketahui fungs: f(x)=-3 x-5 [ f(x)=x^2-2 x+1 ] tentukan Rightarrow a (f circ g)(x) [ ( b. )(g circ f)(x) ]
3. Gambarlah Kubus ABCD EFGH dengani panjang sisi 6 cm .Tentukan jarak antara titik E dengan bidang AFH
3. Tuliskan bilangan-bilangan berikut ini dalam bentuk baku! a. 0,00000056 b. 120.000 .000.000 Jawab: ...................
1. Bentuk segerhana ((x^2 y^-1)/(x^-1) y^(2))^2
2. Fungsi y=9x^2-12x+6 adalah hasil transformasi dilatasi sejajar sumbux dengan skala k dari fungsi y=x^2-4x+6 Tentukan skala k.
Perhatikan himpunan pasangan terurut berikut (1,2),(2,2),(3,2),(4,2) (ii) (1,4),(1,6),(3,5),(4,7) (iii) (1,4),(2,5),(3,6),(4,7) (iv) (p,5),(q,6),