Pertanyaan
1. Jelaskan perbedaan mendasar antara pembelajaran matematika secara tradisional dan konstruktivisme!Berikanlah contoh konkret bagaimana kedua pembelajaran ini diterapkan dalam konsep pecahan! (Skor 14)
Jawaban
Pembelajaran tradisional cenderung bersifat pasif, di mana siswa menerima informasi dari guru. Sebaliknya, konstruktivisme bersifat aktif, memungkinkan siswa untuk membangun pemahaman mereka sendiri melalui pengalaman dan interaksi.
Contoh Pecahan:
- Tradisional: Guru menjelaskan definisi pecahan, cara menyederhanakan, dan menyelesaikan soal-soal. Siswa mendengarkan dan mencatat langkah-langkah yang dijelaskan.
- Konstruktivisme:** Siswa dilibatkan dalam kegiatan seperti memotong kue menjadi bagian-bagian tertentu atau membagi sejumlah barang di antara teman-teman. Mereka kemudian membahas pengalaman mereka dan mengaitkannya dengan konsep pecahan, dengan bimbingan guru.
Penjelasan
Pembelajaran matematika secara tradisional dan konstruktivisme memiliki pendekatan yang berbeda dalam menyampaikan materi.
a. Pembelajaran Tradisional:
- Fokus pada transfer pengetahuan dari guru ke siswa.
- Materi diajarkan secara langsung dan siswa diharapkan menerima dan mengulanginya.
- Contoh: Dalam konsep pecahan, guru menjelaskan definisi, jenis-jenis pecahan, dan cara operasinya secara verbal dan tulisan. Siswa mendengarkan, mencatat, dan mengulangi penjelasan tersebut.
b. Konstruktivisme:
- Fokus pada pembangunan pengetahuan oleh siswa sendiri melalui pengalaman.
- Siswa aktif membangun pemahaman mereka sendiri dengan bimbingan guru.
- Contoh: Dalam konsep pecahan, siswa diminta untuk memahami pecahan melalui kegiatan praktis seperti memotong kue atau membagi barang. Guru kemudian membantu mereka menghubungkan pengalaman ini dengan konsep matematika.
2.
Pertanyaan Panas lebih
Jika f(x)=2-x,g(x)=x+1 dan h(x)=3x maka nilai (hcirc gcirc f)(x)=ldots . 9-x 3x+6 9-3x 6-3x :x+9 Diketahui fungsi f(x)=2x+3 dan g x (x)=3x-12 . Fungsi
Diketahui f:Rarrow R dirumuuskan oleh f(x)=(x+2)/(x-3),xneq 3 Hasil dari f^-1(x) adalah __
a dan b adalah kontanta dalam persamaan ax^3-6x^2+2ax-3b=0 Jika jumlah akar- akarnya 3 dan hasil kali akar - akanya 6. maka nilai a+b adalah __
3. Periksalah kekontinuan dari fungsi berikut: f(x)= ) 9-3x,&xlt 2 2&,&x=2 2x-1&,xgt 2
SOAL NO . 4 Nilai suku banyak x^5-x^3+7x+12 untuk x=-2 adalah __ A. -26 C. 22 E. 66 B. -22 D. 26 A B C D E
Modus dari data skor tersebut adalah ... __ (pembulatan satu desimal) A. 61,3 D. 65,6 B. 62,8 E. 66,2 C. 64,1 a. Perhatikan tabel berikut. Kelas Freku
8. - (y^-3cdot y^4)/(y^8)= __
( ( Soal ))/(20^circ) mathrm(e)=(10)/(12)( )^circ mathrm(R) 20^circ mathrm(e)=(12)/(10)( )^circ mathrm(F) 20^circ mathrm(e)=ldots( )^circ mathrm(K) 30
Variabel acak Z b erdistribusi Normal standar . Tentukan k sedemikian hingga a P(klt Zlt -0.5)=0.3197 b P(0.1lt Zlt k)=0.5213
Diketahui fungs: f(x)=-3 x-5 [ f(x)=x^2-2 x+1 ] tentukan Rightarrow a (f circ g)(x) [ ( b. )(g circ f)(x) ]
3. Gambarlah Kubus ABCD EFGH dengani panjang sisi 6 cm .Tentukan jarak antara titik E dengan bidang AFH
3. Tuliskan bilangan-bilangan berikut ini dalam bentuk baku! a. 0,00000056 b. 120.000 .000.000 Jawab: ...................
1. Bentuk segerhana ((x^2 y^-1)/(x^-1) y^(2))^2
2. Fungsi y=9x^2-12x+6 adalah hasil transformasi dilatasi sejajar sumbux dengan skala k dari fungsi y=x^2-4x+6 Tentukan skala k.
Perhatikan himpunan pasangan terurut berikut (1,2),(2,2),(3,2),(4,2) (ii) (1,4),(1,6),(3,5),(4,7) (iii) (1,4),(2,5),(3,6),(4,7) (iv) (p,5),(q,6),