Pertanyaan
3 square Sebutkan dan jelaskan bentuk -bentuk interaksi pembelajaran melalui komputer
Jawaban
1. Interaksi Tutoring System (Sistem Bimbingan):
* Penjelasan: Sistem ini mensimulasikan peran seorang tutor manusia. Komputer memberikan instruksi, mengajukan pertanyaan, memberikan umpan balik, dan memandu siswa melalui materi pelajaran. Sistem ini sering menggunakan pendekatan pembelajaran adaptif, menyesuaikan tingkat kesulitan dan materi berdasarkan kinerja siswa.
* Contoh: Program pembelajaran bahasa asing yang memberikan latihan kosa kata dan tata bahasa, memberikan umpan balik langsung atas jawaban siswa, dan menyesuaikan latihan berdasarkan tingkat pemahaman siswa.
2. Interaksi Drill-and-Practice (Latihan dan Praktik):
* Penjelasan: Bentuk interaksi ini berfokus pada pengulangan dan latihan materi pelajaran. Siswa diberikan soal-soal latihan yang harus dikerjakan berulang kali untuk menguasai konsep. Sistem memberikan umpan balik atas jawaban yang benar dan salah.
* Contoh: Permainan edukatif yang menguji pemahaman siswa tentang perkalian, atau program latihan menulis yang memberikan umpan balik tata bahasa dan ejaan.
3. Interaksi Game-Based Learning (Pembelajaran Berbasis Permainan):
* Penjelasan: Pembelajaran ini menggunakan elemen permainan seperti skor, level, tantangan, dan hadiah untuk memotivasi siswa dan membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan. Materi pelajaran terintegrasi ke dalam permainan, sehingga siswa belajar sambil bermain.
* Contoh: Permainan strategi yang mengajarkan siswa tentang sejarah, atau permainan simulasi yang mengajarkan siswa tentang pengelolaan bisnis.
4. Interaksi Simulation (Simulasi):
* Penjelasan: Sistem ini memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan model atau representasi dari suatu sistem atau proses di dunia nyata. Siswa dapat bereksperimen dan mengamati konsekuensi dari tindakan mereka tanpa risiko di dunia nyata.
* Contoh: Simulasi penerbangan yang memungkinkan siswa untuk belajar menerbangkan pesawat, atau simulasi laboratorium kimia yang memungkinkan siswa untuk melakukan eksperimen tanpa harus berada di laboratorium sungguhan.
5. Interaksi Hypermedia (Hipermedia):
* Penjelasan: Hipermedia menggabungkan teks, gambar, audio, dan video yang saling terhubung melalui tautan. Siswa dapat menjelajahi materi pelajaran dengan cara yang non-linear, mengikuti jalur pembelajaran yang sesuai dengan minat dan gaya belajar mereka.
* Contoh: Ensiklopedia digital, atau situs web pembelajaran yang menyediakan berbagai sumber daya multimedia.
6. Interaksi Collaborative Learning (Pembelajaran Kolaboratif):
* Penjelasan: Sistem ini memungkinkan siswa untuk berkolaborasi dan belajar bersama melalui komputer. Siswa dapat berbagi ide, berdiskusi, dan mengerjakan proyek bersama secara online.
* Contoh: Platform pembelajaran online yang memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dalam forum diskusi, mengerjakan proyek kelompok, dan berbagi file.
Bentuk-bentuk interaksi ini seringkali dikombinasikan dalam satu sistem pembelajaran berbasis komputer untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih kaya dan efektif. Pilihan bentuk interaksi yang tepat akan bergantung pada tujuan pembelajaran, materi pelajaran, dan karakteristik siswa.
Pertanyaan Panas lebih
Menggambarkan logika dan langkah-langkah algoritma dengan cara yang mudah dipahami oleh manusia, sebelum diimplementasikan dalam bahasa pemrograman ya
Buatlah gerbang logika dari persamaan dibawah ini : a. f=ab+a^(')b ' b. f=a^(')b+ab Buatlah tabel kebenaran dan gerbang logika rangkaian kombinasi Enk
Jelaskan konsep komputasi awan (cloud computing) dan bagaimana ia mempengaruhi cara kita menyimpan, mengelola, dan mengakses data. Berikan contoh konk
Tugas 7.1 Kerjakan tugas berikut secara berkelompok! Buatlah simbol instruksi, flowchart, dan pseudocode dari proses berikut! Seorang petugas kasir bu
Perancangan Perangkat Lunak untuk Pengukuran Waktu Kerja Menggunakan Teknologi Speech Recognition Abstrak Pengukuran waktu kerja merupakan bagian pent
Bacalah teks berikut! Dapatkah kamu menebak apa yang dilihat dan yang dijelaskan oleh tikus muda kepada ibunya? Tidak lain adalah ayam jantan. Ayam ja
Jelaskan mengenai sistem koordinat mesin dan sistem koordinat benda kerja pada mesin frais CNC! Sebutkan bagian-bagian utama mesin frais CNC ! Jelaska
32.Proyeksi dimana 3 muka dipendekkan dalam ukuran yang sama adalah.. Axonometric Dimetric Multiview Isometric Trimetrik
Hubungan sebab akibat adalah hubungan ketergantungan antara gejala-gejala yang mengikuti pola sebagai berikut, kecuali a. sebab-akibat b. akibat-sebab
Perhatikan gambar berikut! Pemanfaatan teknologi pada gambar di atas tidak akan menimbulkan pengaruh negatif apabila masyarakat mampu.... a. membiasak
Jika ingin mengedit file pdf di dalam Microsoft Word, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah... Pilihan jawaban : a. Pilih Insert > Open > Choose
apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman dan mengapa bahasa ini diperlukan dalam pengembangan perangkat lunak I
Serangakaian proses meninjau data melalui beberapa proses yang telah ditentukan sebelumnya, yang akan membantu memberikan beberapa makna pada data dan
Document, contains all of the relevant predefined information from the master data and organizational elements a. TRUE b. FALSE
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari satu pihak kepada pihak lainnya sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, Jelaskan a