Pertanyaan
3. Seorang anak sedang menaikkan layang layang dengan benang yang panjangnya 24 m. Sudut yang dibentuk antara benang dan garis horizontal adalah 60^circ Jika tinggi anak diabaikan, tentukan: a. Sketsa segitiga sesuai permasalahan diatas b. Tinggi layang-layang
Jawaban
Untuk memvisualisasikan permasalahan ini, kita dapat menggambar sebuah segitiga siku-siku. Asumsikan bahwa layang-layang berada di titik A, benang terhubung ke titik B di garis horizontal, dan titik C adalah titik tengah layang-layang. Sudut antara benang (BC) dan garis horizontal (AB) adalah \(60^\circ\).
- Titik A: Lokasi layang-layang.
- Titik B: Titik di mana benang melekat pada garis horizontal.
- Titik C: Titik tengah layang-layang yang berada langsung di bawah titik B.
3b. Tinggi Layang-Layang:
Kita akan menggunakan trigonometri untuk menemukan tinggi layang-layang. Dalam segitiga siku-siku ABC:
- Panjang benang (hipotenusa) = 24 m
- Sudut antara benang dan garis horizontal = \(60^\circ\)
Kita gunakan rumus trigonometri untuk sinus sudut:
\[
\sin(60^\circ) = \frac{\text{tinggi}}{\text{hipotenusa}}
\]
Substitusi nilai yang diketahui:
\[
\sin(60^\circ) = \frac{\text{tinggi}}{24}
\]
Kita tahu bahwa \(\sin(60^\circ) = \frac{\sqrt{3}}{2}\):
\[
\frac{\sqrt{3}}{2} = \frac{\text{tinggi}}{24}
\]
Sekarang, kita selesaikan untuk tinggi:
\[
\text{tinggi} = 24 \times \frac{\sqrt{3}}{2} = 12\sqrt{3} \text{ m}
\]
Jadi, tinggi layang-layang adalah \(12\sqrt{3}\) meter.
Pertanyaan Panas lebih
Jika f(x)=2-x,g(x)=x+1 dan h(x)=3x maka nilai (hcirc gcirc f)(x)=ldots . 9-x 3x+6 9-3x 6-3x :x+9 Diketahui fungsi f(x)=2x+3 dan g x (x)=3x-12 . Fungsi
Diketahui f:Rarrow R dirumuuskan oleh f(x)=(x+2)/(x-3),xneq 3 Hasil dari f^-1(x) adalah __
a dan b adalah kontanta dalam persamaan ax^3-6x^2+2ax-3b=0 Jika jumlah akar- akarnya 3 dan hasil kali akar - akanya 6. maka nilai a+b adalah __
3. Periksalah kekontinuan dari fungsi berikut: f(x)= ) 9-3x,&xlt 2 2&,&x=2 2x-1&,xgt 2
SOAL NO . 4 Nilai suku banyak x^5-x^3+7x+12 untuk x=-2 adalah __ A. -26 C. 22 E. 66 B. -22 D. 26 A B C D E
Modus dari data skor tersebut adalah ... __ (pembulatan satu desimal) A. 61,3 D. 65,6 B. 62,8 E. 66,2 C. 64,1 a. Perhatikan tabel berikut. Kelas Freku
8. - (y^-3cdot y^4)/(y^8)= __
( ( Soal ))/(20^circ) mathrm(e)=(10)/(12)( )^circ mathrm(R) 20^circ mathrm(e)=(12)/(10)( )^circ mathrm(F) 20^circ mathrm(e)=ldots( )^circ mathrm(K) 30
Variabel acak Z b erdistribusi Normal standar . Tentukan k sedemikian hingga a P(klt Zlt -0.5)=0.3197 b P(0.1lt Zlt k)=0.5213
Diketahui fungs: f(x)=-3 x-5 [ f(x)=x^2-2 x+1 ] tentukan Rightarrow a (f circ g)(x) [ ( b. )(g circ f)(x) ]
3. Gambarlah Kubus ABCD EFGH dengani panjang sisi 6 cm .Tentukan jarak antara titik E dengan bidang AFH
3. Tuliskan bilangan-bilangan berikut ini dalam bentuk baku! a. 0,00000056 b. 120.000 .000.000 Jawab: ...................
1. Bentuk segerhana ((x^2 y^-1)/(x^-1) y^(2))^2
2. Fungsi y=9x^2-12x+6 adalah hasil transformasi dilatasi sejajar sumbux dengan skala k dari fungsi y=x^2-4x+6 Tentukan skala k.
Perhatikan himpunan pasangan terurut berikut (1,2),(2,2),(3,2),(4,2) (ii) (1,4),(1,6),(3,5),(4,7) (iii) (1,4),(2,5),(3,6),(4,7) (iv) (p,5),(q,6),