Pertanyaan
43 . Pembagian kekuasaan negara baik kekuasaan eksekutif legislatif maupun yudikatif diatur dalam konstitusi I agar tidak terjadi tumpang I tindih antara pembagian tugas dan wewenang nya , meskipun demikian , antar lembaga negara sebagai pelaksana kekuasaan memiliki hubungan kerjasama dan mekanisme penyelesaian sengketa yang diatur dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Berikut ini yang merupakan contoh kerjasama antara lembaga legislatif dengan eksekutif yaitu __ 2 Poin) A.pengajuan dan pembahasan rancangan undang -undang menjadi undang -undang B . memberi grasi dan rehabilitasi yang dilaksanakan pada saat-saat tertentu C. mengangkat dan melantik menteri negara yang duduk dalam kabinet kerja D . mengadili pada tingkat kasasi dan terakhir, keputusannya bersifat final E merencanakan , memeriksa dan menerima hasil pemeriksaan keuangan negara Option 2
Jawaban
Lembaga legislatif (DPR/MPR) bertugas membuat undang-undang, sementara lembaga eksekutif (Presiden dan Kabinet) bertanggung jawab atas pelaksanaan undang-undang tersebut. Kerjasama terjadi ketika eksekutif mengajukan rancangan undang-undang (RUU) kepada legislatif, dan legislatif kemudian membahas, mengesahkan, atau menolak RUU tersebut. Proses ini merupakan contoh nyata kerjasama antara kedua lembaga negara tersebut dalam menjalankan fungsi konstitusionalnya.
Opsi B, C, D, dan E menggambarkan fungsi yang *tidak* melibatkan kerjasama langsung antara legislatif dan eksekutif dalam artian proses bersama untuk menghasilkan suatu produk hukum atau kebijakan. Grasi (B) adalah wewenang eksekutif, pengangkatan menteri (C) adalah wewenang eksekutif, pengadilan (D) adalah wewenang yudikatif, dan pemeriksaan keuangan negara (E) meskipun melibatkan legislatif, lebih menekankan pada fungsi pengawasan legislatif terhadap eksekutif, bukan kerjasama dalam arti pembuatan kebijakan bersama.
Pertanyaan Panas lebih
37. Bagaimana cara menumbuhkan kesadaran akan pentingny a suara demokrasi di sekolah? a) Dengan memberikan materi tentang demokrasi dalam pembelajaran
Diskusikan dengan rekan satu kelompok mengenai hal berikut: - Mengapa Bapak/Ibu Guru perlu melakukan SEM dalam pembelajaran - Lalu apa arti SEM dalam
Manusia adalah makhluk sosial .Untuk menghindari keburukan dan masalah yang timbul diperlukan sikap amanah, tanggung jawab, menghormati, serta memberi
Sumatif rengan Sciel A. Beritah tanda situng (Q) horu'a, b. c, d. atau e pada jawaban yang benert jang berant menggabungkan sesuatu peosterpar tersabu
Soal:1) Perhatikan Q.S.a-Rum/30:41 berikut ini! is la siji Arti dari ayat yang bergaris bawah tersebut adalah __ A: Karena perbuatan tang an manusia B
Sekolah A akan menerapkan Kurikulum Merdeka I dan melakukan kunjungan ke sekolah B untuk melihat proses pelaksa naan Kurikulum Merdeka I di sekolah B.
2 Kita sering melihat adanya korban jiwa yang diakibatkan perkelahian antarpo melarang perkelahian antarpelajar? 1. Tuliskan pengertian dari perkelahi
Menjamin tegaknya keadilan merupakan salah satu __ demokrasi Pengertian Dasar Prinsip Tujuan Hakikat Di bawah ini merupakan contoh perwujudan demokras
Apa yang menjadi fokus utama dari kehadiran PPPK? a Mengisi jabatan struktural pemerintah b. Mengisi kekosongan jabatan dengan tenaga profesional c. M
1. Sebutkan 5 point yang di ajarkan Al-qur'an agar tercipta hidup damai antar umat beragama! 2. Apa saja perilaku yang dapat kita kembangkan untuk mew
Menolak kebenaran dan merendahkan orang lain termasuk indikator dari sikap __ hASAD Tawadhu' Riya' Sum'ah Takabur
Perhatikan potongan hadits dibawah ini. Maksud dari potongan hadits tersebut adalah A Memberi lebih baik daripada menerima B Menerima lebih baik darip
Sifat-sifat Allah SWT dan Asma'ul Husna dalam Al Our'an dan Sunnah merupakan kesempurna aan mutlak dari sifat-sifatnya dari segala kekurangan, dari ha
Negara dalam arti formal adalah __ Tentukan Jawaban Anda A Kekuasaan B Bangsa C Konsep Negara D ) Pemerintah E Masyarakat
33. Perhatikan doa berikut Doa tersebut dibaca dalam shalat jenazah ketika __ a. Takbir ketiga ketika jenazah laki-laki b. Takbir keempat jika jenazah