Pertanyaan
3. Diketahui barisan aritmetika dengan U_(2)+U_(15)+U_(40)=165 nilai dari U_(19) adalah __ 4. Dari deret aritmetika U_(6)+U_(9)+U_(12)+U_(15)=20 Maka S_(20)=ldots . 5. Suku ke -3 dan suku ke -10 barisan aritmetika masing-masing adalah 8 dan 43 Jumlah 15 suku pertama barisan tersebut adalah __
Jawaban
Penjelasan:
Dalam barisan aritmetika, suku ke-\(n\) dapat dinyatakan sebagai:
\[ U_n = a + (n-1)d \]
di mana \(a\) adalah suku pertama dan \(d\) adalah beda.
Diketahui:
\[ U_2 + U_{15} + U_{40} = 165 \]
Substitusi rumus suku ke-\(n\):
\[ (a + d) + (a + 14d) + (a + 39d) = 165 \]
\[ 3a + 54d = 165 \]
\[ a + 18d = 55 \quad \text{(1)} \]
Kita cari \(U_{19}\):
\[ U_{19} = a + 18d \]
Dari persamaan (1), kita tahu bahwa:
\[ a + 18d = 55 \]
Jadi, nilai dari \(U_{19}\) adalah:
\[ \boxed{55} \]
4. Dari deret aritmetika \(U_{6} + U_{9} + U_{12} + U_{15} = 20\). Maka \(S_{20} = \ldots\)
Penjelasan:
Dalam deret aritmetika, jumlah \(n\) suku pertama dapat dinyatakan sebagai:
\[ S_n = \frac{n}{2} (2a + (n-1)d) \]
Diketahui:
\[ U_6 + U_9 + U_{12} + U_{15} = 20 \]
Substitusi rumus suku ke-\(n\):
\[ (a +d) + (a + 8d) + (a + 11d) + (a + 14d) = 20 \]
\[ 4a + 38d = 20 \]
\[ 2a + 19d = 10 \quad \text{(2)} \]
Kita cari \(S_{20}\):
\[ S_{20} = \frac{20}{2} (2a + 19d) \]
\[ S_{20} = 10 \times 10 \]
\[ S_{20 100 \]
Jadi, nilai dari \(S_{20}\) adalah:
\[ \boxed{100} \]
5. Suku ke \(-3\) dan suku ke \(-10\) barisan aritmetika masing-masing adalah 8 dan 43. Jumlah 15 suku pertama barisan tersebut adalah __
Penjelasan:
Dalam barisan aritmetika, suku ke-\(n\) dapat dinyatakan sebagai:
\[ U_n = a + (n-1)d \]
Diketahui:
\[ U_{-3} = 8 \]
\[ U_{-10} = 43 \]
Substitusi rumus suku ke-\(n\):
\[ a - 2d = 8 \quad \text{(3)} \]
\[ a - 9d = 43 \quad \text{(4)} \]
Dari persamaan (3) dan (4), kita buat sistem persamaan:
\[ a - 2d = 8 \]
\[ a - 9d = 43 \]
Kurangi persamaan (3) dari persamaan (4):
\[ (a - 9d) - (a - 2d) = 43 - 8 \]
\[ -7d = 35 \]
\[ d = -5 \]
Substitusi nilai \(d\) ke dalam persamaan (3):
\[ a - 2(-5) = 8 \]
\[ a + 10 = 8 \]
\[ a = -2 \]
Kita cari jumlah 15 suku pertama (\(S_{15}\)):
\[ S_{15} = \frac{15}{2} (2a + 14d) \]
\[ S_{15} = \frac{15}{2} (2(-2) + 14(-5)) \]
\[ S_{15} = \frac{15}{2} (-4 - 70) \]
\[ S_{15} = \frac{15}{2} (-74) \]
\[ S_{15} = 15 \times -37 \]
\[ S_{15} = -555 \]
Jadi, jumlah 15 suku pertama barisan tersebut adalah:
\[ \
Pertanyaan Panas lebih
Jika f(x)=2-x,g(x)=x+1 dan h(x)=3x maka nilai (hcirc gcirc f)(x)=ldots . 9-x 3x+6 9-3x 6-3x :x+9 Diketahui fungsi f(x)=2x+3 dan g x (x)=3x-12 . Fungsi
Diketahui f:Rarrow R dirumuuskan oleh f(x)=(x+2)/(x-3),xneq 3 Hasil dari f^-1(x) adalah __
a dan b adalah kontanta dalam persamaan ax^3-6x^2+2ax-3b=0 Jika jumlah akar- akarnya 3 dan hasil kali akar - akanya 6. maka nilai a+b adalah __
3. Periksalah kekontinuan dari fungsi berikut: f(x)= ) 9-3x,&xlt 2 2&,&x=2 2x-1&,xgt 2
SOAL NO . 4 Nilai suku banyak x^5-x^3+7x+12 untuk x=-2 adalah __ A. -26 C. 22 E. 66 B. -22 D. 26 A B C D E
Modus dari data skor tersebut adalah ... __ (pembulatan satu desimal) A. 61,3 D. 65,6 B. 62,8 E. 66,2 C. 64,1 a. Perhatikan tabel berikut. Kelas Freku
8. - (y^-3cdot y^4)/(y^8)= __
( ( Soal ))/(20^circ) mathrm(e)=(10)/(12)( )^circ mathrm(R) 20^circ mathrm(e)=(12)/(10)( )^circ mathrm(F) 20^circ mathrm(e)=ldots( )^circ mathrm(K) 30
Variabel acak Z b erdistribusi Normal standar . Tentukan k sedemikian hingga a P(klt Zlt -0.5)=0.3197 b P(0.1lt Zlt k)=0.5213
Diketahui fungs: f(x)=-3 x-5 [ f(x)=x^2-2 x+1 ] tentukan Rightarrow a (f circ g)(x) [ ( b. )(g circ f)(x) ]
3. Gambarlah Kubus ABCD EFGH dengani panjang sisi 6 cm .Tentukan jarak antara titik E dengan bidang AFH
3. Tuliskan bilangan-bilangan berikut ini dalam bentuk baku! a. 0,00000056 b. 120.000 .000.000 Jawab: ...................
1. Bentuk segerhana ((x^2 y^-1)/(x^-1) y^(2))^2
2. Fungsi y=9x^2-12x+6 adalah hasil transformasi dilatasi sejajar sumbux dengan skala k dari fungsi y=x^2-4x+6 Tentukan skala k.
Perhatikan himpunan pasangan terurut berikut (1,2),(2,2),(3,2),(4,2) (ii) (1,4),(1,6),(3,5),(4,7) (iii) (1,4),(2,5),(3,6),(4,7) (iv) (p,5),(q,6),