Pertanyaan
1(15. Diketahui t(a)=a+2 dan s(a)=2a-4 Tentukan (scirc t)-1(4) A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 16. Diketahui fungsi f:Rarrow R dan q:Rarrow R dimana (fcirc g)(x)=x+4 dan a(x)=x-2 maka nilai dari invers f
Jawaban
Langkah 1: Mencari fungsi komposisi (s ∘ t)(a)
Fungsi komposisi (s ∘ t)(a) berarti kita substitusikan fungsi t(a) ke dalam fungsi s(a):
(s ∘ t)(a) = s(t(a)) = s(a + 2) = 2(a + 2) - 4 = 2a + 4 - 4 = 2a
Langkah 2: Mencari invers fungsi (s ∘ t)(a)
Misalkan y = (s ∘ t)(a) = 2a. Untuk mencari invers, kita tukar a dan y, lalu selesaikan untuk y:
a = 2y
y = a/2
Jadi, (s ∘ t)⁻¹(a) = a/2
Langkah 3: Mencari (s ∘ t)⁻¹(4)
Substitusikan a = 4 ke dalam invers fungsi yang telah kita temukan:
(s ∘ t)⁻¹(4) = 4/2 = 2
Jawaban: B. 2
16. Diketahui fungsi f: R → R dan g: R → R dimana (f ∘ g)(x) = x + 4 dan g(x) = x - 2. Maka nilai dari invers f
Langkah 1: Mencari fungsi komposisi (f ∘ g)(x)
Kita sudah diberikan (f ∘ g)(x) = x + 4
Langkah 2: Mencari ekspresi f(x)
(f ∘ g)(x) = f(g(x)) = f(x - 2) = x + 4
Misalkan u = x - 2. Maka x = u + 2. Substitusikan ini ke persamaan di atas:
f(u) = (u + 2) + 4 = u + 6
Jadi, f(x) = x + 6
Langkah 3: Mencari invers fungsi f(x)
Misalkan y = f(x) = x + 6. Tukar x dan y, lalu selesaikan untuk y:
x = y + 6
y = x - 6
Jadi, f⁻¹(x) = x - 6
Jawaban: Invers fungsi f adalah f⁻¹(x) = x - 6. Pertanyaan meminta *nilai* invers f, yang tidak spesifik. Jika pertanyaan meminta nilai dari invers f untuk suatu nilai x tertentu, maka perlu diberikan nilai x tersebut.
Pertanyaan Panas lebih
Jika f(x)=2-x,g(x)=x+1 dan h(x)=3x maka nilai (hcirc gcirc f)(x)=ldots . 9-x 3x+6 9-3x 6-3x :x+9 Diketahui fungsi f(x)=2x+3 dan g x (x)=3x-12 . Fungsi
Diketahui f:Rarrow R dirumuuskan oleh f(x)=(x+2)/(x-3),xneq 3 Hasil dari f^-1(x) adalah __
a dan b adalah kontanta dalam persamaan ax^3-6x^2+2ax-3b=0 Jika jumlah akar- akarnya 3 dan hasil kali akar - akanya 6. maka nilai a+b adalah __
3. Periksalah kekontinuan dari fungsi berikut: f(x)= ) 9-3x,&xlt 2 2&,&x=2 2x-1&,xgt 2
SOAL NO . 4 Nilai suku banyak x^5-x^3+7x+12 untuk x=-2 adalah __ A. -26 C. 22 E. 66 B. -22 D. 26 A B C D E
Modus dari data skor tersebut adalah ... __ (pembulatan satu desimal) A. 61,3 D. 65,6 B. 62,8 E. 66,2 C. 64,1 a. Perhatikan tabel berikut. Kelas Freku
8. - (y^-3cdot y^4)/(y^8)= __
( ( Soal ))/(20^circ) mathrm(e)=(10)/(12)( )^circ mathrm(R) 20^circ mathrm(e)=(12)/(10)( )^circ mathrm(F) 20^circ mathrm(e)=ldots( )^circ mathrm(K) 30
Variabel acak Z b erdistribusi Normal standar . Tentukan k sedemikian hingga a P(klt Zlt -0.5)=0.3197 b P(0.1lt Zlt k)=0.5213
Diketahui fungs: f(x)=-3 x-5 [ f(x)=x^2-2 x+1 ] tentukan Rightarrow a (f circ g)(x) [ ( b. )(g circ f)(x) ]
3. Gambarlah Kubus ABCD EFGH dengani panjang sisi 6 cm .Tentukan jarak antara titik E dengan bidang AFH
3. Tuliskan bilangan-bilangan berikut ini dalam bentuk baku! a. 0,00000056 b. 120.000 .000.000 Jawab: ...................
1. Bentuk segerhana ((x^2 y^-1)/(x^-1) y^(2))^2
2. Fungsi y=9x^2-12x+6 adalah hasil transformasi dilatasi sejajar sumbux dengan skala k dari fungsi y=x^2-4x+6 Tentukan skala k.
Perhatikan himpunan pasangan terurut berikut (1,2),(2,2),(3,2),(4,2) (ii) (1,4),(1,6),(3,5),(4,7) (iii) (1,4),(2,5),(3,6),(4,7) (iv) (p,5),(q,6),