Studi Kasus: Efektivitas Inkuiri Apresiatif dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis
Sebuah penelitian tindakan kelas dilakukan di sebuah sekolah menengah atas di Jakarta untuk menguji efektivitas penggunaan metode inkuiri apresiatif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sosiologi. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas X yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. <br/ > <br/ >#### Penerapan Inkuiri Apresiatif dalam Pembelajaran <br/ > <br/ >Kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan diskusi, sementara kelompok eksperimen dilibatkan dalam pembelajaran dengan metode inkuiri apresiatif. Tahapan inkuiri apresiatif yang diterapkan meliputi: penemuan (discovery), mimpi (dream), desain (design), dan tujuan (destiny). <br/ > <br/ >#### Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis <br/ > <br/ >Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada keterampilan berpikir kritis siswa di kelompok eksperimen. Hal ini terlihat dari kemampuan mereka dalam menganalisis informasi, mengidentifikasi bias, membangun argumen, dan mengevaluasi solusi. <br/ > <br/ >#### Analisis Data dan Refleksi <br/ > <br/ >Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes, dan tugas. Observasi dilakukan untuk mengamati partisipasi dan interaksi siswa selama proses pembelajaran. Tes diberikan sebelum dan sesudah intervensi untuk mengukur perubahan kemampuan berpikir kritis. <br/ > <br/ >#### Dampak Positif pada Motivasi dan Keterlibatan Siswa <br/ > <br/ >Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa inkuiri apresiatif merupakan metode yang efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Pendekatan yang berpusat pada siswa dan kolaboratif dalam inkuiri apresiatif terbukti mampu menciptakan lingkungan belajar yang positif, meningkatkan motivasi, dan mendorong siswa untuk berpikir secara kritis. <br/ > <br/ >Penelitian ini memberikan bukti empiris tentang efektivitas inkuiri apresiatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi para pendidik untuk menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. <br/ >