Menentukan Batas Nilai Minimum untuk Remedial Berdasarkan Data Penilaian Harian Sisw

4
(337 votes)

Dalam artikel ini, kita akan menganalisis data penilaian harian siswa untuk menentukan batas nilai minimum yang diperlukan agar siswa harus mengikuti remedial. Data penilaian harian siswa yang diberikan adalah sebagai berikut: \begin{tabular}{|l|l|} \hline Nilai & Frekuensi \\ \hline \( 65-69 \) & 2 \\ \( 70-74 \) & 10 \\ \( 75-79 \) & 12 \\ \( 80-84 \) & 8 \\ \( 85-89 \) & 5 \\ \( 90-94 \) & 3 \\ \hline \end{tabular} Dalam kasus ini, kita perlu menentukan batas nilai minimum yang akan digunakan sebagai acuan untuk menentukan apakah siswa harus mengikuti remedial atau tidak. Jika \( 20 \% \) siswa dari jumlah siswa yang ada harus mengikuti remedial, maka kita perlu mencari batas nilai minimum yang memisahkan \( 20 \% \) siswa dengan nilai terendah dari siswa yang lainnya. Untuk mencapai hal ini, kita dapat menggunakan pendekatan berikut: 1. Mengurutkan data penilaian harian siswa dari nilai terendah ke tertinggi. 2. Menghitung jumlah siswa yang harus mengikuti remedial berdasarkan \( 20 \% \) dari jumlah siswa yang ada. 3. Menentukan batas nilai minimum dengan memilih nilai yang memisahkan \( 20 \% \) siswa dengan nilai terendah dari siswa yang lainnya. Dengan menggunakan pendekatan ini, kita dapat menentukan batas nilai minimum yang diperlukan agar siswa harus mengikuti remedial.