Penerapan Skala Ukur Ordinal dalam Penelitian Pendidikan

4
(181 votes)

Penelitian pendidikan merupakan bagian penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu aspek penting dalam penelitian pendidikan adalah pengukuran, dan salah satu jenis pengukuran yang sering digunakan adalah skala ukur ordinal. Skala ini memungkinkan peneliti untuk mengukur fenomena yang bersifat subjektif dan tidak dapat diukur secara langsung, seperti persepsi, motivasi, dan kepuasan.

Apa itu skala ukur ordinal dalam penelitian pendidikan?

Skala ukur ordinal adalah salah satu jenis skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian pendidikan. Skala ini mengklasifikasikan data ke dalam kategori yang memiliki urutan atau tingkatan tertentu. Misalnya, skala penilaian prestasi siswa dari 'sangat buruk' hingga 'sangat baik', atau tingkat kepuasan guru terhadap fasilitas sekolah dari 'sangat tidak puas' hingga 'sangat puas'. Meski demikian, skala ini tidak memberikan informasi tentang sejauh mana perbedaan antara satu kategori dengan kategori lainnya.

Bagaimana cara menerapkan skala ukur ordinal dalam penelitian pendidikan?

Penerapan skala ukur ordinal dalam penelitian pendidikan biasanya melibatkan proses pengumpulan data melalui survei atau kuesioner. Pertanyaan yang diajukan harus dirancang sedemikian rupa sehingga jawabannya dapat dikelompokkan ke dalam kategori yang memiliki urutan. Misalnya, jika peneliti ingin mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap metode pengajaran guru, pertanyaan bisa berbentuk "Seberapa puas Anda dengan metode pengajaran guru Anda?" dengan opsi jawaban 'sangat tidak puas', 'tidak puas', 'netral', 'puas', dan 'sangat puas'.

Mengapa skala ukur ordinal penting dalam penelitian pendidikan?

Skala ukur ordinal penting dalam penelitian pendidikan karena memungkinkan peneliti untuk mengukur dan memahami fenomena yang bersifat subjektif dan tidak dapat diukur secara langsung. Misalnya, persepsi siswa terhadap kualitas pengajaran guru, atau motivasi belajar siswa. Skala ini juga memudahkan peneliti dalam menginterpretasikan dan menganalisis data, serta membuat kesimpulan yang valid dan reliabel.

Apa kelebihan dan kekurangan penggunaan skala ukur ordinal dalam penelitian pendidikan?

Kelebihan penggunaan skala ukur ordinal dalam penelitian pendidikan antara lain memungkinkan peneliti untuk mengukur variabel yang bersifat subjektif, memberikan fleksibilitas dalam pengumpulan data, dan memudahkan interpretasi dan analisis data. Sementara itu, kekurangannya adalah tidak dapat memberikan informasi tentang sejauh mana perbedaan antara satu kategori dengan kategori lainnya, dan hasilnya mungkin dipengaruhi oleh bias subjektif responden.

Apa contoh penerapan skala ukur ordinal dalam penelitian pendidikan?

Contoh penerapan skala ukur ordinal dalam penelitian pendidikan antara lain dalam penelitian tentang motivasi belajar siswa, di mana siswa diminta untuk menilai seberapa kuat motivasi mereka untuk belajar dengan opsi jawaban 'sangat rendah', 'rendah', 'cukup', 'tinggi', dan 'sangat tinggi'. Contoh lain adalah penelitian tentang efektivitas metode pengajaran, di mana guru diminta untuk menilai seberapa efektif metode pengajaran yang mereka gunakan dengan opsi jawaban 'sangat tidak efektif', 'tidak efektif', 'cukup efektif', 'efektif', dan 'sangat efektif'.

Penerapan skala ukur ordinal dalam penelitian pendidikan memungkinkan peneliti untuk mengukur dan memahami fenomena yang bersifat subjektif dan tidak dapat diukur secara langsung. Meski memiliki beberapa kekurangan, skala ini tetap menjadi alat yang penting dan berguna dalam penelitian pendidikan. Dengan pemahaman yang tepat tentang cara kerja dan penerapannya, skala ukur ordinal dapat digunakan untuk menghasilkan penelitian yang valid dan reliabel.