Faktor Lingkungan Sekolah yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Sisw

4
(167 votes)

Kesulitan belajar siswa merupakan sebuah keadaan yang perlu diketahui oleh setiap tenaga pengajar. Hal ini dimaksudkan supaya terjadi pembelajaran yang lebih baik dan hasil belajar siswa menjadi maksimal. Pada dasarnya, kesulitan belajar siswa bisa disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Namun, dalam penelitian ini, peneliti hanya akan mendeskripsikan kesulitan belajar siswa yang disebabkan oleh faktor eksternal, yaitu lingkungan sekolah. Faktor lingkungan sekolah yang menyebabkan kesulitan belajar siswa meliputi faktor guru, alat pelajaran, kondisi gedung, kurikulum, waktu sekolah, dan tingkat kedisiplinan siswa. Faktor guru sangat berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa. Seorang guru yang tidak kompeten atau tidak mampu menyampaikan materi dengan baik dapat membuat siswa kesulitan memahami pelajaran. Selain itu, alat pelajaran yang tidak memadai atau rusak juga dapat menyebabkan kesulitan belajar siswa. Kondisi gedung sekolah juga berperan penting dalam kesulitan belajar siswa. Lingkungan yang tidak nyaman, seperti ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin, dapat mengganggu konsentrasi siswa. Selain itu, kurikulum yang tidak sesuai dengan kebutuhan siswa juga dapat menyebabkan kesulitan belajar. Kurikulum yang terlalu padat atau tidak relevan dengan kehidupan nyata siswa dapat membuat mereka kesulitan memahami materi. Waktu sekolah yang tidak efektif juga dapat menjadi faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Jika waktu sekolah terlalu singkat atau terlalu panjang, siswa mungkin tidak memiliki waktu yang cukup untuk memahami pelajaran dengan baik. Selain itu, tingkat kedisiplinan siswa juga berpengaruh terhadap kesulitan belajar. Jika siswa tidak disiplin dalam mengikuti aturan sekolah, mereka mungkin tidak dapat fokus pada pembelajaran. Dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yang disebabkan oleh faktor lingkungan sekolah, perlu dilakukan upaya perbaikan. Guru perlu meningkatkan kompetensinya dalam menyampaikan materi dengan baik. Selain itu, perlu dilakukan perbaikan terhadap alat pelajaran yang tidak memadai. Kondisi gedung sekolah juga perlu diperhatikan agar siswa dapat belajar dengan nyaman. Kurikulum perlu disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan waktu sekolah perlu diatur dengan efektif. Selain itu, perlu dilakukan pembinaan kedisiplinan siswa agar mereka dapat fokus pada pembelajaran. Dengan memperhatikan faktor lingkungan sekolah yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa, diharapkan pembelajaran dapat berjalan dengan lebih baik dan hasil belajar siswa menjadi maksimal.