Keadaan sebelum terjadinya Kerjasama Ekonomi Sub Regional ASEAN (KESR)

3
(303 votes)

Sebelum terjadinya Kerjasama Ekonomi Sub Regional ASEAN (KESR), negara-negara di kawasan Asia Tenggara menghadapi berbagai tantangan dan hambatan dalam upaya untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif. Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa keadaan yang ada sebelum terbentuknya KESR dan bagaimana kerjasama ekonomi ini telah membantu mengatasi masalah-masalah tersebut. Salah satu keadaan yang ada sebelum terjadinya KESR adalah kurangnya integrasi ekonomi antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Sebelum adanya kerjasama ini, perdagangan antar negara-negara ASEAN terbatas dan terhambat oleh berbagai hambatan tarif dan non-tarif. Hal ini menghambat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi potensi pasar yang dapat diakses oleh negara-negara anggota ASEAN. Selain itu, sebelum terbentuknya KESR, infrastruktur di kawasan Asia Tenggara juga masih terbatas dan tidak memadai. Kurangnya konektivitas antara negara-negara anggota ASEAN menghambat pertumbuhan ekonomi dan perdagangan. Transportasi yang tidak efisien dan infrastruktur yang kurang berkualitas menjadi hambatan dalam menggerakkan barang dan jasa antar negara-negara ASEAN. Selanjutnya, sebelum adanya KESR, negara-negara di kawasan Asia Tenggara juga menghadapi tantangan dalam hal kebijakan ekonomi yang tidak selaras. Perbedaan dalam kebijakan perdagangan, investasi, dan regulasi ekonomi antara negara-negara anggota ASEAN menyulitkan perusahaan untuk beroperasi di seluruh kawasan. Hal ini menghambat investasi dan pertumbuhan ekonomi yang lebih luas di kawasan Asia Tenggara. Namun, dengan terbentuknya KESR, banyak dari tantangan ini telah diatasi. Melalui kerjasama ekonomi yang lebih erat, negara-negara anggota ASEAN telah berhasil mengurangi hambatan perdagangan dan meningkatkan integrasi ekonomi. Tarif perdagangan antar negara-negara ASEAN telah dikurangi secara signifikan, sehingga memungkinkan lebih banyak barang dan jasa untuk bergerak secara bebas di kawasan ini. Selain itu, KESR juga telah mendorong pembangunan infrastruktur yang lebih baik di kawasan Asia Tenggara. Melalui proyek-proyek seperti Jaringan Jalan Raya Trans-Asia Tenggara dan Jaringan Listrik ASEAN, konektivitas antara negara-negara anggota ASEAN telah ditingkatkan. Ini memungkinkan pergerakan barang dan jasa yang lebih lancar dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif di kawasan ini. Terakhir, KESR juga telah membantu menciptakan kebijakan ekonomi yang lebih harmonis di kawasan Asia Tenggara. Melalui kerjasama dalam hal kebijakan perdagangan, investasi, dan regulasi ekonomi, negara-negara anggota ASEAN telah menciptakan lingkungan yang lebih kondusif bagi perusahaan untuk beroperasi di seluruh kawasan. Hal ini telah mendorong investasi dan pertumbuhan ekonomi yang lebih luas di kawasan Asia Tenggara. Dalam kesimpulan, sebelum terjadinya KESR, negara-negara di kawasan Asia Tenggara menghadapi berbagai tantangan dan hambatan dalam upaya untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif. Namun, dengan terbentuknya KESR, banyak dari tantangan ini telah diatasi melalui integrasi ekonomi yang lebih erat, pembangunan infrastruktur yang lebih baik, dan kebijakan ekonomi yang lebih harmonis. KESR telah membantu menciptakan lingkungan yang lebih kondusif bagi pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara.