Mengatasi Dikotomi Kekuasaan dalam Pendidikan Islam

4
(241 votes)

Pendahuluan: Dikotomi keilmuan dalam pendidikan Islam memerlukan solusi komprehensif untuk integrasi ilmu agama dan umum. Bagian 1: Masalah Dikotomi Kekuasaan ① Dikotomi keilmuan dalam pendidikan Islam memisahkan ilmu agama dan umum, menciptakan kesenjangan. ② Masalah ini bukan hanya keilmuan, tetapi juga persoalan kultural yang tertanam dalam struktur kelembagaan. ③ Dikotomi ini memerlukan upaya terus-menerus untuk diatasi demi relevansi Islam. Bagian 2: Dampak Dikotomi Kekuasaan ① Dikotomi keilmuan mengakibatkan pemisahan ilmu agama dan umum, mengurangi integrasi. ② Hal ini membatasi kontribusi Islam bagi peradaban manusia dan relevansinya dalam konteks global. ③ Dikotomi ini juga memperkuat stereotip negatif terhadap Islam sebagai kekuasaan terbatas. Bagian 3: Solusi untuk Mengatasi Dikotomi Kekuasaan ① Integrasi ilmu agama dan umum dalam pendidikan Islam merupakan kunci untuk mengatasi masalah ini. ② Pendidikan Islam harus menggabungkan ilmu agama dengan pengetahuan umum untuk relevansi yang lebih luas. ③ Upaya terus-menerus diperlukan untuk mengatasi masalah ini dan mewujudkan Islam yang relevan. Kesimpulan: Mengatasi dikotomi keilmuan dalam pendidikan Islam memerlukan solusi komprehensif dan upaya terus-menerus. Integrasi ilmu agama dan umum adalah kunci untuk mewujudkan Islam yang relevan dan mampu memberikan kontribusi positif bagi peradaban manusia.