Menghadapi Tantangan Implementasi UbD: Sebuah Refleksi dari Perspektif Siswa **

3
(210 votes)

Pembelajaran berbasis hasil atau UbD (Understanding by Design) merupakan pendekatan pembelajaran yang menjanjikan hasil belajar yang lebih bermakna bagi siswa. Namun, dalam praktiknya, implementasi UbD di sekolah seringkali dihadapkan pada berbagai tantangan. Dari perspektif siswa, beberapa tantangan yang sering dijumpai adalah: 1. Kurangnya Kesadaran dan Pemahaman: Banyak siswa yang belum sepenuhnya memahami konsep UbD. Mereka mungkin tidak mengerti tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, sehingga kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran yang dirancang. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan dan kurangnya motivasi dalam belajar. 2. Beban Tugas yang Berat: Salah satu kritik terhadap UbD adalah beban tugas yang diberikan kepada siswa cenderung lebih berat. Siswa dituntut untuk berpikir kritis, menyelesaikan masalah kompleks, dan mempresentasikan hasil belajar mereka dengan cara yang kreatif. Hal ini dapat menjadi beban bagi siswa yang belum terbiasa dengan pendekatan pembelajaran yang menuntut keterlibatan aktif. 3. Keterbatasan Sumber Daya: Implementasi UbD membutuhkan sumber daya yang memadai, seperti buku teks yang sesuai, fasilitas teknologi, dan guru yang terlatih. Keterbatasan sumber daya di beberapa sekolah dapat menghambat proses pembelajaran dan membuat siswa merasa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran. 4. Kurangnya Kebebasan dalam Pemilihan: Meskipun UbD menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa, dalam praktiknya, siswa mungkin tidak memiliki kebebasan penuh dalam memilih topik atau metode pembelajaran. Hal ini dapat mengurangi rasa kepemilikan dan motivasi siswa dalam belajar. 5. Kesulitan dalam Menyesuaikan Diri: Bagi siswa yang terbiasa dengan metode pembelajaran tradisional, beralih ke UbD dapat menjadi tantangan. Mereka mungkin merasa kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan pendekatan pembelajaran yang lebih aktif dan berpusat pada siswa. Refleksi: Meskipun menghadapi berbagai tantangan, implementasi UbD memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang UbD, menyediakan sumber daya yang memadai, dan memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih topik dan metode pembelajaran, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih bermakna dan memotivasi bagi siswa. Penting untuk diingat bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda. Oleh karena itu, implementasi UbD harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.**