Desain Iklan Layanan Masyarakat: Menggabungkan Desain dan Pesan

3
(230 votes)

Iklan layanan masyarakat merupakan salah satu strategi yang digunakan pemerintah untuk mensosialisasikan program pembangunan. Di tingkat nasional, pemerintah lebih memilih televisi sebagai media beriklan. Namun, di daerah, pemerintah cenderung memilih iklan yang berbiaya lebih murah, seperti media luar ruang seperti baliho, spanduk, atau poster. Kelebihan media luar ruang yang mengutamakan desain dalam menarik perhatian menjadi tantangan bagi pengiklan. Namun, pesan-pesan pembangunan juga membutuhkan ruang dalam iklan layanan masyarakat. Menarik untuk dikaji bagaimana desain iklan luar ruang layanan masyarakat tersebut dalam usaha menggabungkan antara desain dengan pesan yang hendak disampaikan. Penelitian ini berusaha untuk mengkaji aspek desain dengan menggunakan metode interpretasi komposisi dan verbalisasi iklan luar ruang dengan metode analisis wacana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa desain iklan layanan masyarakat pemerintah masih perlu diperbaiki sesuai acuan dalam kaidah-kaidah desain komunikasi visual. Sumber: https://www.researchgate.net