Kegiatan Belajar: Konsep, Prinsip, dan Sasaran Penilaian dalam Pembelajaran Terpadu

4
(288 votes)

Penilaian pembelajaran terpadu adalah suatu proses yang dilakukan untuk menilai hasil belajar siswa dan juga menilai proses belajar siswa. Dalam melakukan penilaian pembelajaran terpadu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan guru, terutama yang berhubungan dengan jenis kompetensi yang akan dinilai, tujuan penilaian yang dilakukan, teknik-teknik penilaian yang digunakan, dan jenis penilaian yang akan digunakan. Dengan demikian, kegiatan penilaian yang dilakukan menjadi tepat sasaran, terarah, dan terencana. Secara umum, tujuan penilaian adalah untuk menilai pembelajaran di kelas dan untuk meningkatkan pembelajaran dan kualitas belajar siswa. Hasil penilaian dapat memenuhi banyak tujuan, diantaranya adalah Placement untuk memenuhi kebutuhan siswa secara tepat, Instruction untuk membantu siswa agar pembelajaran lebih terfokus, dan Komunikasi untuk memberikan informasi kepada siswa, guru, orang tua, dan sebagainya. Dalam konteks pembelajaran terpadu, penilaian harus dilakukan dengan memperhatikan jenis kompetensi yang akan dinilai. Kompetensi dapat berupa pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Dalam menilai pengetahuan, guru dapat menggunakan tes tertulis atau tes lisan. Sedangkan dalam menilai keterampilan, guru dapat menggunakan tes praktis atau tugas. Dalam menilai sikap, guru dapat menggunakan observasi atau kuesioner. Tujuan penilaian juga harus diperhatikan. Tujuan penilaian dapat berupa penilaian formatif atau sumatif. Penilaian formatif dilakukan untuk menilai proses belajar siswa, sedangkan penilaian sumatif dilakukan untuk menilai hasil belajar siswa. Penilaian formatif dapat dilakukan secara berkala, sedangkan penilaian sumatif dilakukan pada akhir suatu unit pembelajaran atau semester. Teknik-teknik penilaian yang digunakan juga harus diperhatikan. Teknik-teknik penilaian yang dapat digunakan antara lain adalah tes tertulis, tes lisan, tugas, proyek, dan presentasi. Teknik-teknik penilaian ini dapat digunakan sesuai dengan tujuan penilaian yang dilakukan. Jenis penilaian yang akan digunakan juga harus diperhatikan. Jenis penilaian yang dapat digunakan antara lain adalah penilaian bervariasi, penilaian terpadu, atau penilaian portofolio. Penilaian bervariasi adalah penilaian yang menggunakan berbagai jenis teknik penilaian. Penilaian terpadu adalah penilaian yang menggabungkan berbagai jenis teknik penilaian. Sedangkan penilaian portofolio adalah penilaian yang berdasarkan kumpulan tugas siswa. Dalam melakukan penilaian pembelajaran terpadu, guru harus memperhatikan sasaran penilaian yang akan dicapai. Sasaran penilaian dapat berupa peningkatan kualitas pembelajaran siswa, peningkatan motivasi siswa, atau peningkatan keterlibatan siswa. Dengan demikian, kegiatan penilaian yang dilakukan menjadi tepat sasaran, terarah, dan terencana. Penilaian pembelajaran terpadu bukan hanya dilakukan untuk menilai hasil belajar siswa, tetapi juga untuk meningkatkan pembelajaran dan kualitas belajar siswa. Dengan memperhatikan jenis kompetensi yang akan dinilai, tujuan penilaian yang dilakukan, teknik-teknik penilaian yang digunakan, dan jenis penilaian yang akan digunakan, kegiatan penilaian yang dilakukan menjadi tepat sasaran, terarah, dan terencana.