Meningkatkan Pemahaman Membaca Al-Qur'an: Tantangan dan Strategi di Perguruan Tinggi Keagamaa

4
(238 votes)

Penelitian ini secara teoritis berkontribusi pada pengembangan ilmu pendidikan Al-Qur'an di perguruan tinggi keagamaan. Fokusnya adalah mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur'an mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Memahami tantangan ini penting untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif. Penelitian deskriptif ini akan menelaah berbagai aspek, mulai dari metode pembelajaran yang diterapkan, aksesibilitas sumber belajar, hingga motivasi dan minat mahasiswa. Harapannya, temuan ini akan memperkaya literatur akademik, memberikan wawasan bagi pengembangan kurikulum, dan menjadi rujukan bagi penelitian selanjutnya dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran membaca Al-Qur'an di perguruan tinggi. Sukses dalam membaca Al-Qur'an bukan hanya soal penguasaan teknik, tetapi juga pemahaman mendalam akan makna dan nilai-nilai di dalamnya. Semoga penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas pendidikan agama Islam di Indonesia.