Perbandingan Bagian Coklat yang Diterima oleh Putu dalam Kegiatan Pembelajaran Scientific
Dalam kegiatan pembelajaran scientific yang dilakukan oleh Ibu Guru, terdapat dua batang coklat yang akan dibagi-bagikan kepada Putu, Karel, dan Azizah. Coklat pertama dibagi menjadi enam bagian yang sama, sedangkan coklat kedua dibagi menjadi tiga bagian yang sama. Pada pembagian pertama, Putu mendapatkan dua dari enam bagian coklat pertama. Sedangkan pada pembagian kedua, Putu mendapatkan satu dari tiga bagian coklat kedua. Pertanyaannya adalah apakah kedua coklat yang diterima oleh Putu memiliki besaran yang sama? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita dapat menggunakan pendekatan scientific dengan langkah-langkah berikut: 1. Mengamati: Perhatikan pembagian coklat pertama dan kedua kepada Putu, Karel, dan Azizah. 2. Merumuskan Hipotesis: Hipotesis awal adalah bahwa kedua coklat yang diterima oleh Putu memiliki besaran yang sama. 3. Menguji Hipotesis: Dalam kegiatan pembelajaran ini, kita dapat melihat bahwa Putu mendapatkan dua dari enam bagian coklat pertama dan satu dari tiga bagian coklat kedua. Untuk mengetahui apakah kedua coklat tersebut memiliki besaran yang sama, kita dapat melakukan perbandingan antara bagian coklat yang diterima oleh Putu pada pembagian pertama dan kedua. 4. Menganalisis Data: Dari perbandingan tersebut, kita dapat melihat bahwa kedua coklat yang diterima oleh Putu memiliki besaran yang berbeda. Pada pembagian pertama, Putu mendapatkan 2/6 bagian coklat, sedangkan pada pembagian kedua, Putu mendapatkan 1/3 bagian coklat. Oleh karena itu, kedua coklat tersebut tidak memiliki besaran yang sama. 5. Menarik Kesimpulan: Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kedua coklat yang diterima oleh Putu memiliki besaran yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa pembagian coklat pertama dan kedua tidak sama. Dalam kegiatan pembelajaran scientific ini, siswa diajak untuk mengamati, merumuskan hipotesis, menguji hipotesis, menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Hal ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan logika kognitif mereka.