Peran Calon Guru Penggerak dan Fasilitator dalam Modul 1.4

4
(238 votes)

Modul 1.4 adalah bagian penting dari program pelatihan calon guru penggerak. Dalam modul ini, calon guru penggerak akan belajar tentang peran mereka dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah yang mereka layani. Selain itu, fasilitator juga memiliki peran yang krusial dalam memfasilitasi pembelajaran calon guru penggerak. Mari kita jelaskan secara singkat apa yang dilakukan oleh calon guru penggerak dan fasilitator dalam modul 1.4 ini. Calon guru penggerak adalah individu yang memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan pendidikan di sekolah-sekolah yang membutuhkan perbaikan. Mereka bekerja sama dengan kepala sekolah dan staf sekolah untuk mengidentifikasi masalah dan merancang solusi yang efektif. Dalam modul 1.4, calon guru penggerak akan belajar tentang strategi dan teknik yang dapat mereka gunakan untuk membangun hubungan yang kuat dengan kepala sekolah dan staf sekolah. Mereka juga akan belajar tentang pentingnya memahami konteks sekolah dan komunitas untuk merancang program yang relevan dan efektif. Selain itu, calon guru penggerak juga akan belajar tentang pentingnya membangun kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan, seperti orang tua, komunitas lokal, dan organisasi non-pemerintah. Mereka akan belajar tentang strategi komunikasi yang efektif dan cara melibatkan pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan. Dalam modul 1.4, calon guru penggerak juga akan belajar tentang pentingnya memantau dan mengevaluasi program mereka untuk memastikan bahwa mereka mencapai hasil yang diinginkan. Sementara itu, fasilitator memiliki peran penting dalam memfasilitasi pembelajaran calon guru penggerak dalam modul 1.4 ini. Fasilitator bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman dan inklusif. Mereka harus memastikan bahwa semua peserta merasa didengar dan dihargai. Fasilitator juga harus memastikan bahwa semua aktivitas pembelajaran berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan modul. Selain itu, fasilitator juga memiliki peran dalam memberikan umpan balik kepada calon guru penggerak. Umpan balik yang konstruktif dan bermanfaat dapat membantu calon guru penggerak untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Namun, tidak semua aktivitas harus diberikan umpan balik. Fasilitator harus menggunakan kebijaksanaan mereka untuk menentukan aktivitas mana yang memerlukan umpan balik dan aktivitas mana yang tidak. Selain memberikan umpan balik, fasilitator juga memiliki peran dalam memberikan penilaian terhadap aktivitas tertentu. Aktivitas yang harus diberikan penilaian adalah aktivitas yang memerlukan pemahaman mendalam dan penerapan konsep-konsep yang diajarkan dalam modul 1.4. Penilaian ini dapat membantu calon guru penggerak untuk mengukur kemajuan mereka dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Dalam kesimpulan, modul 1.4 adalah bagian penting dari program pelatihan calon guru penggerak. Calon guru penggerak dan fasilitator memiliki peran yang krusial dalam memastikan keberhasilan pembelajaran dalam modul ini. Calon guru penggerak belajar tentang peran mereka dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah yang mereka layani, sementara fasilitator bertanggung jawab untuk memfasilitasi pembelajaran dan memberikan umpan balik serta penilaian yang relevan.