Paradigma Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Global
Artikel ini membahas tentang perlunya adopsi paradigma pendidikan Islam yang baru agar umat Muslim dapat bersaing di era global. Dalam konteks tersebut, penting untuk mengutip Nasr yang dengan tegas berargumen bahwa ilmu pengetahuan dalam Islam didasarkan pada gagasan tentang kesatuan transenden, yang merupakan inti dari wahyu Islam. Sebenarnya, tujuan dari semua ilmu pengetahuan Islam adalah untuk menunjukkan kesatuan dan keterkaitan dari segala sesuatu yang ada. Dengan demikian, dengan merenungkan kesatuan kosmos, manusia dapat dipimpin menuju kesatuan dari Prinsip Ilahi. Itulah sebabnya ilmuwan Muslim percaya bahwa pengetahuan rasional dan empiris akan secara alami membawa pada pengakuan terhadap Kesatuan Ilahi. Berdasarkan argumen tersebut, perspektif kesatuan dalam Islam tidak pernah memperbolehkan berbagai bentuk pengetahuan untuk dikembangkan secara independen satu sama lain. Namun, ada hierarki pengetahuan di mana setiap bentuk pengetahuan, mulai dari benda material hingga metafisika tertinggi, saling terkait secara organik. Kemajuan ilmu pengetahuan dalam peradaban Islam dan perkembangannya yang kemudian tidak dapat dipahami tanpa adanya semangat wahyu Islam yang selalu ada; dan cara wahyu ini telah membentuk pikiran, tindakan, dan lingkungan ilmuwan Muslim serta tanggung jawab mereka dalam menciptakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Kembali lagi, ilmu pengetahuan muncul di kalangan ilmuwan Muslim melalui perpaduan antara semangat yang berasal dari wahyu Al-Quran dan ilmu pengetahuan yang ada dalam berbagai peradaban yang diwarisi oleh umat Muslim. Hal ini terutama terjadi dalam ilmu pengetahuan tentang alam (kawniyah) yang berasal dari Yunani, Kaldea, Persia, India, dan Tiongkok. Namun, dalam proses penyebaran ilmu pengetahuan ini, ilmuwan Muslim mengubahnya melalui kekuatan spiritual Islam menjadi substansi baru, yang berbeda namun tetap berkelanjutan dengan apa yang telah ada sebelumnya. Sifat internasional dan kosmopolitan dari peradaban Islam, yang berasal dari karakter universal wahyu Islam, memungkinkannya menciptakan ilmu pengetahuan pertama dengan sifat internasional yang sejati dalam sejarah umat manusia. Ilmuwan Muslim menyatukan ilmu pengetahuan ini menjadi korpus ilmu pengetahuan baru, yang berkembang seiring berjalannya waktu dan menjadi bagian integral dari peradaban Islam.