Memahami Pergerakan dalam Koordinat Kartesius

4
(160 votes)

Dalam dunia matematika, koordinat kartesius digunakan untuk menggambarkan posisi suatu titik dalam sebuah bidang. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang pergerakan dalam koordinat kartesius berdasarkan sebuah masalah yang melibatkan permainan komputer. Masalah yang diberikan adalah tentang seorang adik yang bermain game pada sebuah komputer. Dalam permainannya, adik tersebut menggerakkan motase ke kanan 3 langkah dan ke atas 5 langkah. Kemudian, dia menggerakkan motase ke kiri 4 langkah dan ke bawah 8 langkah. Selanjutnya, adik tersebut menggerakkan motase ke kiri 3 langkah dan ke atas 6 langkah. Pada akhirnya, adik berada pada posisi point III. Untuk memahami pergerakan adik dalam koordinat kartesius, kita dapat menggunakan sumbu X dan Y sebagai acuan. Arah ke kanan dan ke kiri akan direpresentasikan oleh sumbu X, sedangkan arah ke atas dan ke bawah akan direpresentasikan oleh sumbu Y. Posisi awal adik adalah titik O(0,0). Dalam pergerakan pertama, adik menggerakkan motase ke kanan 3 langkah dan ke atas 5 langkah. Hal ini dapat direpresentasikan sebagai pergerakan sejauh +3 pada sumbu X dan +5 pada sumbu Y. Sehingga, posisi adik setelah pergerakan pertama adalah (3,5). Selanjutnya, adik menggerakkan motase ke kiri 4 langkah dan ke bawah 8 langkah. Pergerakan ini dapat direpresentasikan sebagai pergerakan sejauh -4 pada sumbu X dan -8 pada sumbu Y. Sehingga, posisi adik setelah pergerakan kedua adalah (-1,-3). Terakhir, adik menggerakkan motase ke kiri 3 langkah dan ke atas 6 langkah. Pergerakan ini dapat direpresentasikan sebagai pergerakan sejauh -3 pada sumbu X dan +6 pada sumbu Y. Sehingga, posisi adik setelah pergerakan ketiga adalah (-4,3). Dengan demikian, koordinat posisi point III adalah (-4,3). Posisi ini dapat digambarkan pada koordinat kartesius dengan menggambar titik pada koordinat (-4,3). Melalui masalah ini, kita dapat memahami konsep pergerakan dalam koordinat kartesius. Dengan menggunakan sumbu X dan Y sebagai acuan, kita dapat merepresentasikan pergerakan dalam bentuk koordinat. Hal ini dapat berguna dalam memahami pergerakan dalam berbagai situasi, baik dalam permainan komputer maupun dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kesimpulan, pergerakan dalam koordinat kartesius dapat digambarkan dengan menggunakan sumbu X dan Y. Dalam masalah permainan komputer yang diberikan, adik menggerakkan motase dengan pergerakan tertentu dan berakhir pada posisi point III. Dengan memahami konsep pergerakan dalam koordinat kartesius, kita dapat menggambarkan posisi adik dan memahami pergerakan dalam berbagai situasi.