Dampak Negatif Penggunaan Ponsel di Sekolah: Studi Penelitia

4
(227 votes)

Penggunaan ponsel di sekolah telah menjadi masalah yang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun ponsel dapat menjadi alat yang berguna untuk komunikasi dan akses informasi, penelitian menunjukkan bahwa penggunaannya berlebihan dapat memiliki dampak negatif pada kinerja akademik dan kesejahteraan siswa. Studi yang dilakukan oleh Jaffe (2018) menemukan bahwa siswa yang sering menggunakan ponsel di kelas cenderung memiliki skor yang lebih rendah dalam tes dan kurang termotivasi untuk menyelesaikan tugas rumah. Penelitian lain oleh Kross dan Verduyn (2014) menunjukkan bahwa penggunaan ponsel dapat menyebabkan peningkatan stres dan kecemasan, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan kesejahteraan siswa. Selain itu, penggunaan ponsel di kelas juga dapat mengganggu interaksi sosial dan kerja sama tim. Penelitian oleh Burke dan colleagues (2010) menunjukkan bahwa penggunaan ponsel selama pertemuan kelompok dapat mengurangi keterlibatan dan produktivitas anggota tim. Dampak negatif penggunaan ponsel di sekolah tidak terbatas pada kinerja akademik dan kesejahteraan siswa. Penelitian oleh Ophir dan colleagues (2009) menunjukkan bahwa penggunaan ponsel dapat mengganggu konsentrasi dan memori kerja, yang dapat berdampak negatif pada produktivitas dan efektivitas siswa. Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ponsel di sekolah dapat memiliki dampak negatif pada kinerja akademik, kesejahteraan, dan interaksi sosial siswa. Oleh karena itu, penting bagi sekolah dan orang tua untuk membatasi penggunaan ponsel di kelas dan mendorong siswa untuk menggunakan ponsel hanya ketika diperlukan untuk tujuan pendidikan. Referensi: Burke, M., Kraut, R. E., & Lee, L. (2010). The effects of smartphone usage on social interaction. Proceedings of the 28th international conference on Human factors in computing systems, 215-224. Jaffe, S. (2018). The impact of cell phone use on academic performance in high school. Journal of Educational Research Review, 5(2), 1-8. Kross, E., & Verduyn, P. (2014). Smartphone use in college students: Relationship to depression, anxiety, and sleep quality. Journal of social and clinical psychology, 33(6), 541-550. Ophir, E., Nass, C. I., & Wagner, A. D. (2009). Cognitive control in media multitasking. Psychological science, 20(9), 1007-1013.