Pengaruh Buku Hubbul Ilmii terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun SB Al-Ikhlas Kampung Sungai Penchala Malaysi

4
(250 votes)

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh Buku Hubbul Ilmii terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di SB Al-Ikhlas Kampung Sungai Penchala Malaysia. Buku ini menggunakan tiga strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak, yaitu permainan tradisional, kartu huruf, menempel, dan mewarnai. Dalam konteks pendidikan, kemampuan membaca merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai oleh anak-anak. Kemampuan membaca yang baik tidak hanya mempengaruhi kemampuan akademik mereka, tetapi juga membantu mereka dalam memahami dunia di sekitar mereka. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca anak-anak. Penelitian ini akan dilakukan di SB Al-Ikhlas Kampung Sungai Penchala Malaysia, yang merupakan sekolah dasar yang terletak di daerah tersebut. Sampel penelitian akan terdiri dari anak-anak usia 5-6 tahun yang merupakan siswa di sekolah ini. Mereka akan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang menggunakan Buku Hubbul Ilmii sebagai bahan pembelajaran dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan buku tersebut. Metode penelitian yang akan digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest kontrol kelompok. Sebelum penelitian dimulai, semua peserta akan diuji untuk mengukur kemampuan membaca mereka. Setelah itu, kelompok eksperimen akan menggunakan Buku Hubbul Ilmii sebagai bahan pembelajaran selama periode tertentu, sementara kelompok kontrol akan menggunakan bahan pembelajaran yang biasa digunakan di sekolah. Setelah periode pembelajaran selesai, semua peserta akan diuji kembali untuk mengukur kemampuan membaca mereka. Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan metode statistik untuk melihat apakah ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini akan memberikan wawasan yang berharga tentang pengaruh Buku Hubbul Ilmii terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. Jika penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa buku ini memiliki pengaruh positif, maka dapat diharapkan bahwa penggunaan buku ini dalam pembelajaran akan meningkatkan tingkat kemampuan membaca anak-anak di SB Al-Ikhlas Kampung Sungai Penchala Malaysia. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam konteks pendidikan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca anak-anak. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca anak-anak usia 5-6 tahun. Dalam kesimpulan, penelitian ini akan membahas pengaruh Buku Hubbul Ilmii terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di SB Al-Ikhlas Kampung Sungai Penchala Malaysia. Penelitian ini akan menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest kontrol kelompok. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini akan memberikan wawasan yang berharga tentang pengaruh buku ini dalam meningkatkan kemampuan membaca anak-anak.