Kelebihan dan Kekurangan Metode Langsung dalam Pengajaran Bahas

4
(276 votes)

Metode Langsung atau Direct Method adalah salah satu metode pengajaran bahasa yang mengharuskan guru menggunakan bahasa sasaran secara langsung selama proses pembelajaran. Dalam metode ini, siswa dilarang menggunakan bahasa ibu atau bahasa pertamanya selama pembelajaran berlangsung. Salah satu kelebihan dari metode ini adalah bahwa siswa diajarkan bahasa dengan cara yang lebih alami dan kontekstual. Pada tahap awal, tata bahasa tidak banyak diajarkan, melainkan kata-kata diajarkan dengan menghubungkannya langsung dengan benda-benda, situasi-situasi, dan gerakan yang digambarkan oleh kata-kata tersebut. Misalnya, kata "mengendap-endap" akan didemonstrasikan dengan gerakan yang sesuai. Hal ini membantu siswa memahami makna kata-kata dengan lebih baik. Selain itu, metode ini juga mendorong siswa untuk mendengarkan pola-pola nama dan intonasi bahasa yang dipelajari sejak awal pembelajaran. Siswa didorong untuk menggunakan bahasa yang dipelajari sebanyak mungkin, sehingga mereka dapat terbiasa dan terampil dalam menggunakan bahasa tersebut. Namun, metode Langsung juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah tuntutan agar semua aspek bahasa disajikan dalam bahasa yang diajarkan. Hal ini dapat menjadi tantangan bagi guru, terutama jika mereka mengajar bahasa yang bukan bahasa ibu mereka. Selain itu, penggunaan metode ini juga dapat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai tujuan pembelajaran, karena fokus utama adalah pada pemahaman dan penggunaan bahasa secara alami. Dalam konteks pengajaran bahasa Indonesia di SD, penggunaan Metode Langsung tidak begitu menyulitkan guru, karena pada umumnya siswa sudah terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di tingkat pendidikan TK. Namun, perlu diperhatikan bahwa setiap metode pengajaran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan penting bagi guru untuk memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan siswa dan konteks pembelajaran. Dalam kesimpulan, Metode Langsung memiliki kelebihan dalam mengajarkan bahasa dengan cara yang lebih alami dan kontekstual, serta mendorong siswa untuk menggunakan bahasa yang dipelajari sebanyak mungkin. Namun, metode ini juga memiliki kekurangan, seperti tuntutan agar semua aspek bahasa disajikan dalam bahasa yang diajarkan. Penting bagi guru untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan metode ini dalam konteks pembelajaran bahasa yang spesifik.