Meningkatkan Kualitas Deskripsi Benda Melalui Penelitian Tindakan Kelas

4
(204 votes)

Pak Hendro, seorang guru kelas 11 di SD Danu Kusuman, telah mengajar selama 2 tahun. Suatu hari dalam pembelajaran bahasa Indonesia, Pak Hendro memulai pelajaran dengan mengajarkan anak-anak untuk mendeskripsikan berbagai macam benda. Namun, setelah melihat hasil tulisan deskripsi benda yang dilakukan oleh anak-anak, Pak Hendro merasa kecewa karena deskripsi yang dituliskan sangat singkat dan kurang mendalam.

Untuk meningkatkan kualitas deskripsi benda yang ditulis oleh anak-anak, Pak Hendro dapat melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Berikut adalah rencana perbaikan melalui PTK yang dapat dilakukan:

a. Langkah-langkah Perbaikan:

1. Menyusun prosedur pembelajaran yang terstruktur, meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

2. Memperkenalkan konsep mendeskripsikan benda secara detail kepada anak-anak sejak awal pembelajaran.

3. Memberikan contoh deskripsi benda yang baik dan mendalam kepada anak-anak agar mereka memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang diharapkan.

4. Mengadakan sesi latihan mendeskripsikan benda secara berkelompok untuk meningkatkan kemampuan verbal anak-anak.

5. Memberikan umpan balik positif dan konstruktif terhadap deskripsi benda yang ditulis oleh anak-anak untuk memberikan motivasi dan dorongan.

Dengan menerapkan langkah-langkah perbaikan tersebut melalui PTK, diharapkan kualitas deskripsi benda yang ditulis oleh anak-anak dapat meningkat secara signifikan. Hal ini akan membantu anak-anak dalam mengembangkan kemampuan mendeskripsikan benda secara lebih detail dan mendalam.