Pentingnya Pembelajaran Aktif dalam Model Pembelajaran Make A Match
Langkah pertama dalam model pembelajaran Make A Match adalah guru menyampaikan materi yang akan dipelajari. Pada pertemuan pertama, materi yang akan dipelajari adalah mengubah pecahan ke bentuk persen dan sebaliknya. Selama proses penyampaian materi, siswa sangat antusias dan sungguh-sungguh memperhatikan penjelasan dari guru. Mereka juga aktif dalam melakukan tanya jawab seputar pecahan, persen, serta cara mengubah pecahan ke persen dan sebaliknya. Guru juga menggali pengetahuan awal siswa dengan bertanya, "Apakah kalian mengetahui apa itu diskon? Diskon biasanya dinyatakan dalam bentuk apa?" Meskipun awalnya siswa masih ragu-ragu dalam menjawab, namun setelah dipancing, mereka mulai berani berpartisipasi dalam diskusi. Pembelajaran aktif dalam model Make A Match sangat penting dalam meningkatkan pemahaman siswa. Dalam model ini, siswa tidak hanya menjadi pendengar pasif, tetapi juga aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Mereka diajak untuk berpikir, bertanya, dan berdiskusi dengan teman sekelas. Dalam pembelajaran ini, siswa memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka pelajari melalui berbagai aktivitas, seperti permainan kartu, permainan papan, atau permainan peran. Melalui aktivitas ini, siswa dapat melihat bagaimana konsep-konsep matematika yang mereka pelajari dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pembelajaran aktif juga membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial dan kerjasama. Dalam proses berdiskusi dan bekerja sama dengan teman sekelas, siswa belajar untuk mendengarkan pendapat orang lain, menghargai perbedaan, dan mencapai tujuan bersama. Dengan pembelajaran aktif, siswa menjadi lebih terlibat dan bersemangat dalam belajar. Mereka merasa memiliki tanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri dan merasa lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapat mereka. Hal ini membantu meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar. Dalam model pembelajaran Make A Match, siswa tidak hanya menjadi penerima informasi, tetapi juga menjadi pembuat pengetahuan. Mereka diajak untuk berpikir kritis, menganalisis informasi, dan mencari solusi atas masalah yang diberikan. Dengan demikian, siswa tidak hanya menguasai konsep-konsep matematika, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir yang lebih luas. Dalam kesimpulannya, pembelajaran aktif dalam model Make A Match sangat penting dalam meningkatkan pemahaman siswa. Melalui pembelajaran ini, siswa tidak hanya belajar konsep-konsep matematika, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, kerjasama, dan berpikir kritis. Dengan demikian, siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan dalam kehidupan nyata dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.