Perlunya Sekolah Ramah Anak dalam Membangun Pendidikan Progressif Menurut Dewey

4
(309 votes)

<br/ >Kekerasan dalam bentuk bullying di lingkungan lembaga pendidikan telah menjadi masalah yang serius dan mengancam keamanan anak-anak. Untuk mengatasi masalah ini, perlunya pendekatan pendidikan yang ramah anak dan sesuai dengan pandangan filosofis John Dewey tentang pendidikan progressif. <br/ > <br/ >Pendidikan progressif menurut Dewey adalah pendekatan pendidikan yang menekankan pada pengalaman langsung dan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar. Dewey percaya bahwa pendidikan harus mempersiapkan siswa untuk kehidupan nyata dan membantu mereka mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan dunia nyata. <br/ > <br/ >Dalam konteks kekerasan dan bullying di sekolah, pendekatan pendidikan progressif dapat menjadi solusi yang efektif. Dengan menciptakan lingkungan yang ramah anak, sekolah dapat memberikan rasa aman dan dukungan bagi siswa. Hal ini dapat dilakukan melalui implementasi kebijakan anti-bullying yang ketat, pelatihan guru dalam mengatasi kekerasan, dan pendekatan pembelajaran yang inklusif. <br/ > <br/ >Sekolah yang ramah anak juga harus mendorong partisipasi aktif siswa dalam pengambilan keputusan dan memberikan ruang bagi siswa untuk mengemukakan pendapat mereka. Dengan demikian, siswa merasa dihargai dan memiliki peran aktif dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan positif. <br/ > <br/ >Selain itu, pendekatan pendidikan progressif juga menekankan pada pengembangan keterampilan sosial dan emosional siswa. Dengan memperkuat keterampilan ini, siswa dapat belajar untuk mengelola konflik dengan cara yang sehat dan menghindari perilaku kekerasan. Ini juga membantu siswa untuk membangun hubungan yang positif dengan teman sebaya dan menciptakan iklim sosial yang harmonis di sekolah. <br/ > <br/ >Dalam rangka menciptakan sekolah yang ramah anak, kolaborasi antara guru, orang tua, dan siswa sangat penting. Semua pihak harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan mendukung perkembangan siswa secara holistik. <br/ > <br/ >Dalam kesimpulan, kekerasan berupa bullying di lingkungan lembaga pendidikan merupakan masalah yang serius dan harus segera ditangani. Pendekatan pendidikan progressif menurut Dewey, dengan fokus pada pengalaman langsung, partisipasi aktif siswa, dan pengembangan keterampilan sosial dan emosional, dapat menjadi solusi yang efektif. Dengan menerapkan pendekatan ini, sekolah dapat menjadi tempat yang aman dan ramah anak, di mana siswa dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.