Perbandingan Metode Pengajaran Biasa dan Metode Pengajaran Terprogram dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematik

4
(219 votes)

Pendahuluan: Metode pengajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, kami membandingkan metode pengajaran biasa dengan metode pengajaran terprogram dalam konteks pelajaran matematika. Bagian: ① Bagian pertama: Metode pengajaran biasa pada kelas pertama Kelas pertama terdiri dari 12 siswa yang diberikan pelajaran matematika dengan metode pengajaran biasa. Pada akhir semester, siswa-siswa ini mencapai nilai rata-rata 85 dengan simpangan baku 4. ② Bagian kedua: Metode pengajaran terprogram pada kelas kedua Kelas kedua terdiri dari 10 siswa yang diberikan pelajaran matematika dengan metode pengajaran terprogram. Pada akhir semester, siswa-siswa ini mencapai nilai rata-rata 81 dengan simpangan baku 5. ③ Bagian ketiga: Uji hipotesis dan asumsi Dengan taraf signifikasi 0,1, kita akan menguji hipotesis bahwa tidak ada perbedaan antara kedua metode pengajaran. Asumsikan bahwa kedua populasi berdistribusi normal dengan varians yang sama. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini, terlihat bahwa metode pengajaran biasa pada kelas pertama memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan metode pengajaran terprogram pada kelas kedua. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan faktor-faktor apa yang menyebabkan perbedaan ini.